BIN Salurkan Bantuan Air Bersih Bagi Korban Banjir Torue

waktu baca 2 menit
Foto istimewa

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Badan Intelejen Negara (BIN) salurkan bantuan kebutuhan air bersih warga yang terkena dampak dari bencana banjir bandang di Desa Torue, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat 05 Agustus 2022.

Hal itu diungkapkan Kabinda Sulawesi Tengah, Brigjen TNI Arman Dahlan, Jumat 05 Agustus 2022.

“Hari ini, gerakan kami bertujuan untuk membantu warga mendapatkan air bersih. Alhamdulillah air sudah terkirim sekali,” ucap Brigjen Arman Dahlan, Kabinda Sulawesi Tengah.

Arman mengatakan kegiatan bantuan kemanusiaan BIN akan terus berlanjut hingga situasi kembali normal dan masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti biasa.

Menurutnya, BIN tidak hanya salurkan bantuan air bersih, tetapi memberikan distribusi logistik kepada warga terdampak dan membuka dapur umum.

“Kami mendirikan warung dapur umum karena banjir bandang menghanyutkan peralatan masak warga. Jadi mereka kesulitan menyiapkan makanan untuk keluarga mereka,” katanya.

Bahkan, kata dia, petugas BIN berada di lokasi membersihkan lumpur lumpur yang terbawa banjir bandang yang menyapu jalan dan rumah warga terdampak. Personel berjalan di lorong rumah warga untuk menentukan apakah rumah tersebut membutuhkan penanganan segera.

Ia mengatakan, kegiatan ini hanya untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak bencana alam Banjir Bandang.

Baca: Siswa Korban Banjir Torue Terima Bantuan Seragam Sekolah

Sebelumnya, Kamis malam, 28 Juli 2022, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah dilanda banjir bandang.

Dalam peristiwa ini, ratusan rumah rusak, terendam banjir dan hanyut terbawa arus sungai.

Selain rumah, berbagai fasilitas di kawasan Torue seperti kantor pemerintahan, sekolah, mushola dan puskesmas terendam air dan lumpur.

Salah satu jembatan di Dusun II, Desa Torue, rusak parah. (*/Ikh)

Baca: Dua Mahasiswa Asal Kendari Ditangkap Edarkan Sabu 5,2 Kg

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.