Bimtek KPPS Dinilai Mampu Tingkatkan Kualitas Pemilu

0
37
Komisioner KPU Parimo, Dirwan Korompot (Foto Rafii)
SHARE

Parimo, gemasulawesi.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parimo Provinsi Sulteng menilai Bimbingan teknis (Bimtek) Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mampu meningkatkan kualitas pelaksanaan Pemilu.

Hal tersebut diungkapkan Komisioner KPU Kabupaten Parimo Divisi Teknis, Dirwan Korompot disela-sela kegiatan Bimtek KPPS di aula Kantor Camat Parigi Barat, Rabu, 3 April 2019.

“Bimtek bertujuan mengasah kemampuan KPPS dalam proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu serentak 2019,” ungkapnya.

Pasalnya, proses pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu serentak 2019 akan menemui kendala dan tantangan tersendiri.

Tantangannya, KPPS akan dihadapkan dengan lima variasi kertas surat suara pemilu serentak 2019 yakni kertas suara pemilihan Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten.

“Bimtek akan dikoordinir langsung setiap Komisioner KPU menurut korwil masing-masing di seluruh kecamatan di Kabupaten Parimo,” tegasnya.

Menurut aturan KPU, petugas KPPS pada Pemilu serentak 2019, berjumlah tujuh orang per TPS dengan pembagian tugas berdasar rapat internal KPPS.

Selanjutnya, apabila KPPS menemui kendala sebaiknya segera berkoordinasi dengan PPS di wilayah tugasnya, untuk penyelesaian masalah secepatnya.

“Aparat Kepolisian bersama Perlindungan masyarakat (Linmas) akan dilibatkan dalam pengamanan seluruh TPS di Kabupaten Parimo,” jelasnya.

Terkait prosesnya, Linmas yang bertugas membantu pengamanan TPS, berjumlah dua orang per TPS tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Parimo.

Rencananya, Komisioner KPU Kabupaten Parimo akan terus memantau jalannya pemilihan di tingkat TPS seluruh Kabupaten Parimo.

Laporan: Muhammad Rafii


SHARE

Tinggalkan Balasan