Pemda Parigi Moutong Perkuat Tata Kelola Keuangan BUMdes

waktu baca 2 menit
Foto Istimewa

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, akan melakukan bimbingan teknis dan perkuat tata kelola proses pelaporan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes).

Mengingat BUMDes merupakan lembaga usaha yang dibentuk atas dasar aturan desa dan fungsinya agar di kemudian hari dapat berkontribusi sebagai penyumbang pendapat asli desa (PADes).

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya penguatan BUMDes, karena salah satu ciri desa maju terlihat dari perkembangan BUMDes itu sendiri,” ucap Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai, saat membuka bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Senin 25 Juli 2022.

Ia mengatakan, lembaga tersebut memiliki peran yang berbeda sebagai roda penggerak perekonomian desa dan memiliki dua orientasi yaitu BUMDes dan perekonomian masyarakat.

Baca: Perluasan Pelabuhan Anggrek Gorontalo Bakal Dimulai Tahun Ini

Semua upaya tersebut bertujuan untuk menghasilkan nilai tambah guna menjaga kelangsungan hidup Badan Usaha Desa agar tetap terjaga.

“Jaminan kelangsungan usaha BUMDes tidak terbatas karena merupakan unit usaha yang dapat memberikan kontribusi kepada Pemerintah Desa tetapi juga sebagai penggerak perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Desa (Pemda) Parigi Moutong dengan melakukan bimbingan teknis penyusunan laporan tata kelola keuangan agar dapat perkuat tata kelola dan menentukan kinerja keuangan, volume usaha dan besaran yang akan dibagikan kepada pemberi modal bagi hasil ke Pemerintah Desa atau hasil usaha desa.

“Saya melihat pentingnya hal ini, saya menghimbau kepada seluruh peserta untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, agar hasil dari kegiatan tersebut benar-benar bermanfaat bagi manajemen untuk memajukan pengelolaan dan memiliki berbagai manfaat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Baca: Resep Tempe Mendoan Purwokerto Beserta Sambalnya

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.