fbpx

Biaya Transportasi Haji, Pemkab Parigi Moutong Anggarkan Bantuan

waktu baca 2 menit
(Calon Jama'ah Haji Foto Istimewa)

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong, anggarkan bantuan biaya transportasi Calon Jama’ah Haji (CJH) tahun ini sebanyak Rp 85.995 juta rute perjalanan Parigi-Palu dan juga Balikpapan.

Hal itu berdasarkan laporan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Parigi Moutong, yang menyebutkan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong menanggung biaya transportasi Calon Jam’ah Haji (CJH).

“Semua biaya transportasi pulang dan pergi menjadi tanggung jawab Pemkab Parigi Moutong untuk menjamin kelancaran pelaksanaan Calon Jam’ah Haji ke Tanah Suci,” ucap Kepala Seksi Haji (Kasi) Kemenag Parigi Moutong, Sudirman. Tjora, ditemui Senin 20 Juni 2022.

Dikatakannya, berdasarkan laporan Pemkab Parigi Moutong yang diperoleh pihaknya, setiap CJH telah menerima lebih dari Rp 1,1 juta, dengan jumlah jemaah berangkat 77 orang ditambah satu pendamping haji.

Baca: 13 ASN Parigi Moutong Lulus Seleksi Administrasi JPT Pratama

Biaya transportasi reguler, kata dia, disediakan oleh Pemerintah Kabupaten untuk membantu menyukseskan ibadah haji.

“Termasuk biaya transportasi ke Asrama Haji Transit Palu, akan ditanggung oleh pemerintah setempat,” ucapnya.

Menurut dia, bantuan pemerintah terus diberikan kepada CJH yang akan berangkat setiap tahun, namun tidak diberikan selama dua tahun terakhir karena keluarnya terhambat dampak pandemi COVID-19.

Sejauh ini petugas haji sedang memilah logistik berupa koper sebelum dibawa ke asrama transit haji di Palu pada Jumat 25 Juni 2022.

“Kami berharap Calon Jam’ah Haji (CJH) yang melaksanakan ibadah tidak ada yang tertinggal, hari ini terakhir kami melakukan sortir logistik,” ucap Sudirman.

Dia menjelaskan, dalam pemeriksaan logistik tidak ditemukan barang bawaan yang dilarang dalam ketentuan haji, antara lain benda tajam, cairan korosif, makanan berbau menyengat, obat-obatan terlarang, perhiasan, dan uang tunai dalam jumlah banyak, juga sejumlah benda tertentu lainnya.

Sudirman menambahkan, sejak manasik itu dilakukan, seruan ini telah disampaikan kepada calon jama’ah haji dan kami berharap sekembalinya mereka memenuhi rukun Islam yang kelima untuk menjadi haji yang mabrur. (*Ikh)

Baca: Gempa 3,5 Magnitudo Guncang Kecamatan Taopa, Parigi Moutong

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.