BI Sulawesi Tenggara Dongkrak UMKM Tenun Masalili di Muna

waktu baca 2 menit
Pengrajin Kain Tenun Masalili (Ilustrasi Gambar)

Berita Sulawesi Tenggara, gemasulawesi – Bank Indonesia (BI) perwakilan Sulawesi Tenggara, dongkrak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kain tenun Masalili di Kabupaten Muna yang menjadi binaan.

Kepala BI Sulawesi Tenggara Doni Saptadijaya di Kendari Rabu 20 Juli 2022 mengatakan bahwa program pengembangan UMKM yang dilaksanakan Bank Indonesia merupakan program UMKM berkelanjutan yang termasuk kain Masalili yang digunakan pada KTT G20.

“Tidak hanya berhenti pada show casing sebelumnya saat kita berada di G20, tetapi akan dilanjutkan dengan kegiatan pengembangan ke depan,” jelasnya.

Ia juga mengakui, Bank Indonesia (BI) selalu bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menghasilkan semua produk UMKM Sulawesi Tenggara, dan juga mendongkrak terutama yang terkait dengan produk kain tenun Masalili, yang diterima pasar domestik dan juga global.

Baca: Bupati Parigi Moutong Lantik 97 Kepala Desa Terpilih

Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan desainer guna mendorong kain tenun Masalili secara internasional. Kerja sama meliputi pemberian masukan berupa motif, pola, ukuran dan lain-lain untuk menghasilkan produk yang berdaya saing.

“Kolaborasi dengan desainer akan meningkatkan nilai jual kain tenun karena kalau biasanya kalau sudah di tangan desainer sering dipamerkan, dipakai kemana-mana secara internasional dan dalam berbagai kegiatan,” ujarnya.

Ia mengatakan para pendukung lainnya secara rutin menggelar pameran produk tenun dan berbagai produk UMKM lainnya dari Sulawesi Tenggara yang menjadi unggulan sehingga bisa dikenal di kancah nasional dan global.

Ia menjelaskan, mereka selalu mengadakan kegiatan show casing pada produk-produk unggulan, yang menjadi puncak acara yakni karya kreatif Indonesia. Terakhir pada Mei itu dipamerkan semua karya-karya yang ada di Indonesia.

Ia berharap dengan adanya pameran ini, UMKM akan bertemu pembeli tidak hanya dari dunia nasional tetapi juga dari dunia internasional. Ini termasuk dapat membantu mereka mendapatkan kredit pembiayaan dari bank. (*/Ikh)

Baca: Jasad Pria Tanpa Identitas Ditemukan Dekat Jembatan IV Palu

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.