Banner Disperindag 2021 (1365x260)

BI Sebut Uang Koin Rp500 Masih Berlaku, Tidak Bisa Ditukar

BI Sebut Uang Koin Rp500 Masih Berlaku, Tidak Bisa Ditukar
Foto: BI Sebut Uang Koin Rp500 Masih Berlaku, Tidak Bisa Ditukar.

Gemasulawesi- Direktur sekaligus Kepala Grup Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Junanto Herdiawan menegaskan, uang koin Rp500 tidak bisa ditukar dengan dana mencapai Rp750 ribu. Sebab, masih berlaku di masyarakat sebagai alat pembayaran sah.

“Uang koin Rp500 bergambar Melati, uang itu dikeluarkan tahun 1991 dan 1997, saat ini masih berlaku. Jadi, nilainya sesuai dengan nominal yaitu Rp500,” jelas Junanto, Rabu, 8 September 2021.

Sementara, uang logam ditarik BI belum lama ini merupakan uang rupiah khusus terbuat dari emas dengan nominal Rp750 ribu. Kebijakan itu tertuang di Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.23/12/PBI/2021.

Baca juga: Kasus Tukar Anak dengan Barang Bukan Pertama Kali Terjadi di Makassar

Dalam aturan itu disebutkan, uang logam emas pecahan Rp750 ribu tidak akan berlaku lagi mulai 30 Agustus 2021. Dengan begitu, itu bisa ditukarkan di bank umum sejak 30 Agustus 2021 sampai 29 Agustus 2031.

Layanan penukaran juga dapat dilakukan di kantor pusat maupun kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia. Penukaran dapat dilakukan sesuai jadwal operasional dan layanan publik BI.

“Apabila ingin ditukarkan ke BI atau bank, sebagai alat transaksi, akan ditukar sesuai nominal yang tertera,” tandasnya.

Diketahui, penjelasan BI itu guna merespon soal isu penukaran uang rupiah sempat beredar di masyarakat melalui media sosial.

Salah satunya isu yang menyebutkan uang koin Rp500 yang diterbitkan pada 1990 dapat ditukar di bank sentral nasional dengan dana mencapai Rp750 ribu.

Baca juga: Jadikan Sigi Sulteng Pemasok Bawang Merah, BI Bantu Petani

Sebelumnya, unggahan yang bikin geger warga net soal isu penukaran uang logam itu, berasal dari sebuah video dari akun Tiktok. Dalam waktu sebentar video uang koin itu ditonton oleh jutaan orang.

Bahkan video uang logam viral itu disukai ratusan ribu orang yang melihatnya. Video uang koin Rp500 warna kuning disebut bisa ditukar uang Rp750 ribu diunggah netizen TikTok akun @arumhajj.

Ditangkapan layar itu terlihat gambar uang logam warna kuning bertuliskan 1990, Bank Indonesia. (***)

Baca juga: BTKLPP: Penting, Kajian Logam Berat di Lingkungan Pertambangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post