Kumpulan Berita Sulawesi

Pemilihan Ketua Kadin Parigi Moutong

Berita sulawesi tengah, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Provinsi Sulawesi Tengah menyebut perlu ada sinergitas antara pemerintah dan organisasi. Guna menjaga stabilitas perekonomian.

“KADIN memiliki jaringan yang luas, bisa membantu pemerintah memasarkan produk industri, pertanian dan sebagainya,” ungkap Wakil Ketua bidang Hukum dan Kebijakan Publik KADIN Sulteng Hardy D Yambas saat memberikan arahannya pada musyawarah kabupaten ke-IV KADIN Parigi Moutong, di Parigi, Kamis 17 Desember 2020.

Stabilitas ekonomi diperlukan katanya kepada berita sulawesi, apalagi saat ini negara sedang dilanda bencana non-alam Covid 19. Yang berdampak pada sejumlah sektor, tidak terkecuali perekonomian nasional.

Baca juga berita sulawesi: Minyak Kelapa Kampung Premium, Industri Parimo ‘Go Nusantara’

Kepada berita sulawesi, Kadin menginginkan adanya kolaborasi terjalin dengan Pemerintah daerah Parigi Moutong dalam rangka meningkatkan perekonomian.

“Kabupaten ini memiliki sejumlah sektor yang potensial, salah satunya pertanian. Kenapa tidak menggandeng KADIN mencari solusi untuk meningkatkan perekonomian daerah, sebab KADIN memiliki jaringan yang luas,” tuturnya.

Menurut dia, KADIN merupakan salah satu organisasi yang bergerak di bidang perekonomian diatur dalam Undang-undang Nomor 1 tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri memiliki peran membantu pemerintah meningkatkan perekonomian nasional dan daerah melalui program kerja mereka.

Baca juga berita sulawesi: PAD Parigi Moutong dari Sektor Pajak Naik 18 Persen

Sementara itu kepada berita sulawesi, Staf Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik Sekretariat Daerah Parigi Moutong Kamiludin Pasau mengatakan. Kadin sebagai salah satu organisasi bergerak di bidang perekonomian, diharapkan bisa menjadi mitra pemerintah.

“Mitra pemerintah utamanya pada sektor pembangunan dan peningkatan ekonomi daerah,” sebutnya dalam liputan berita sulawesi.

Sebagai mitra berita sulawesi, tentunya harus saling memberikan motivasi dan masukkan, serta dapat memberikan solusi setiap ada kendala maupun permasalahan.

Baca juga berita sulawesi: RPJMD Prioritaskan Sektor Pariwisata Khatulistiwa

Ia mengatakan, jika kerja sama dapat terjalin dengan baik. Tentunya, akan berdampak positif dan semakin maju baik melalui sektor industri dan perdagangan.

Musyawarah ke-IV KADIN Parigi Moutong yang bertajuk meningkatkan peran dan fungsi KADIN menghadapi tantangan ekonomi terbuka. Sekaligus dirangkaikan pemilihan ketua baru untuk periode selanjutnya.

Baca Link Lengkapnya berita sulawesi: https://gemasulawesi.com/kadin-sulteng/

Pembalakan Hutan Morowali, BKSDA Temukan Kayu Gelondongan

Berita Sulawesi tengah, Hasil penggrebekan tempat pembalakan hutan Morowali, BKSDA Provinsi Sulawesi Tengah temukan tumpukan hasil kayu.

Liputan berita sulawesi, BKSDA yang dipimpin langsung Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Poso, patroli langsung ke Cagar Alam (CA) Morowali, Minggu 20 Desember 2020.

“Kegiatan itu dilakukan setelah beberapa kali mendapat laporan, adanya kegiatan pembalakan hutan Morowali,” bunyi rilis BKSDA Sulawesi Tengah, Minggu 20 Desember 2020 kepada berita sulawesi.

Setelah melakukan penyisiran sepanjang batas alam laut CA Morowali, akhirnya penyisiran yang dilakukan membuahkan hasil.

Penelusuran berita sulawesi, beberapa tempat yang disinyalir sebagai tempat kejadian perkara pembalakan hutan Morowali, didapatkan barang bukti berupa kayu dan camp pelaku pembalakan liar.

Masih dalam investigasi berita sulawesi, tempat itu antara lain Tanjung Bahontobelo, Tanjung Manu-Manu, Tanjung Ambowongi dan Muara Sungai Rano.

Selanjutnya, Kepala SKW II Poso melakukan pemusnahan barang bukti kayu dan pembongkaran camp pelaku pembalakan liar.

Pemusnahan yang dilakukan diharapkan dapat memberikan efek jera buat pelaku pembalakan liar khususnya dalam kawasan CA Morowali.

Sementara itu penelusuran berita sulawesi, Pasal 94 UU nomor 18 Tahun 2013 Tentang pencegahan pemberantasan perusakan hutan menyebut.

Dalam UU itu berita sulawesi menemukan, Orang perseorangan yang dengan sengaja menyuruh, mengorganisasi, atau menggerakkan pembalakan liar dan atau penggunaan kawasan hutan secara tidak sah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 huruf a.

Atau melakukan permufakatan jahat untuk melakukan pembalakan liar dan atau penggunaan kawasan hutan secara tidak sah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 huruf c.

Berita sulawesi juga menemukan, pihak pembalakan liar dan atau penggunaan kawasan hutan secara tidak sah secara langsung atau tidak langsung sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 huruf d.

Atau mengubah status kayu hasil pembalakan liar dan atau hasil penggunaan kawasan hutan secara tidak sah, seolah-olah menjadi kayu yang sah atau hasil penggunaan kawasan hutan yang sah untuk dijual kepada pihak ketiga, baik di dalam maupun di luar negeri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 huruf f.

Baca link lengkapnya berita sulawesi: https://gemasulawesi.com/pembalakan-liar-morowali/

AST-Aris Menang Pilkada Majene

Berita sulawesi barat, Menurut hasil hitung atau real count KPU menunjukkan pasangan Achmad Syukri Tammalele – Arismunandar Kalma menangi Pilkada Serentak Majene 2020.

Berdasar hasil real count KPU yang dihimpun berita sulawesi sementara Kamis 10 Desember 2020 pukul 18.30, Pasangan Achmad Syukri Tammalele – Arismunandar Kalma meraih suara 56,2 persen atau 55167 suara.

Dalam liputannya berita sulawesi, Pasangan Achmad Syukri Tammalele – Arismunandar Kalma sementara ungguli pasangan Patmawati – Lukman yang perolehan suaranya 43,8 persen atau 42967 suara di Pilkada Majene 2020.

Dari perolehan suara KPU, pasangan AST – Aris menguasai lima kecamatan.

Baca link lengkapnya berita sulawesi: https://gemasulawesi.com/real-count-pilkada-majene/

Tina-Ado Menang Pilkada Mamuju

Berita sulawesi barat, Pilkada Serentak Mamuju 2020, hasil hitung suara atau real count basis data C1 versi koalisi Mamuju Keren pasangan Sitti Sutinah Suhardi dan Ado Mas’ud atau Tina – Ado raih 55,58 persen.

“Raihan itu berdasarkan input data 605 TPS dari 733 TPS yang ada atau total 85 persen,” Hajrul Malik, tim koalisi Mamuju Keren dalam konferensi persnya secara virtual didampingi Maenunis Amin, di Mamuju, Rabu malam 9 Desember 2020.

liputan berita sulawesi, Koalisi Mamuju Keren merilis hasil hitung atau Real Count perolehan suara pasangan Tina-Ado di Pilkada Serentak Mamuju 2020, dengan klaim kemenangan 66.303 suara.

Sementara pasangan Habsi-Irwan peroleh 52.997 suara atau 44,42 persen. Atau selisih 13.306 suara dan paslon Tina-Ado lebih unggul.

Baca juga berita sulawesi:Raih 39,3 Persen Suara, Pasangan Hadiato – dr Reny Deklarasikan Kemenangan

“Data suara tidak akan berubah jauh, walaupun semua data TPS akan masuk. Saat ini, data dari setiap kecamatan sudah terinput,” tuturnya kepada berita sulawesi.

Sementara itu Maenunis Amin mengatakan, data yang dirilis tetap akan menunggu hasil resmi yang mengacu pada hasil resmi KPU.

“Ini merupakan hasil resmi internal kami berdasarkan data C1 yang dikumpulkan tim Tina-Ado dari tiap TPS,” jelasnya.

Ia mengatakan kepada berita sulawesi, siap membuka data internal jika ada pihak yang meragukan keakuratan datanya.

Baca link lengkapnya berita sulawesi: https://gemasulawesi.com/real-count-pilkada-mamuju/

Dewan Pers Desak Kepolisian Serius Usut Kasus Pembunuhan Wartawan

Dewan pers mendesak kepolisian mengusut kasus tewasnya wartawan asal Provinsi Sulawesi Barat atau Sulbar.

“Dewan Pers menyesalkan jatuhnya korban dugaan tindak pidana pembunuhan tersebut yang telah merenggut jiwa seorang pendukung kemerdekaan pers di Indonesia,” bunyi siaran pers dari Dewan Pers, di Jakarta, Sabtu 22 Agustus 2020 yang berhasil didapatkan berita sulawesi.

Dalam rilis siaran pers itu, Dewan Pers menekankan agar Kepolisian mesti secepatnya menginvestigasi dugaan pembunuhan wartawan media online bernama Demas Laira (28).

Dewan Pers juga mengungkapkan duka cita dan keprihatinan atas meninggalnya Demas Laira.

Terkait kasus tewasnya wartawan asal Sulbar himpunan, Dewan Pers juga telah berkoordinasi dengan jurnalis dan organisasi pers di Sulawesi Barat. Serta aparat penegak hukum yang saat ini dalam tahap penyelidikan dengan mengumpulkan bukti-bukti dan saksi-saksi.

Dewan Pers mengingatkan bahwa kerja jurnalistik dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

Maka dari itu Dewan Pers menyatakan sikap:

  1. Prihatin dan mengecam serta mengutuk segala tindakan pembunuhan, penghalangan, kekerasan, intimidasi dan penganiayaan.
  2. Mendesak aparat penegak hukum segera mengusut tuntas dan menghukum seberat-beratnya kepada otak dan pelaku kasus dugaan pembunuhan terhadap wartawan tersebut sesuai ketentuan hukum perundang-undangan yang berlaku.
  3. Mendesak dan mendorong kepada media dan organisasi pers untuk selalu memperhatikan keselamatan wartawan dengan sesuai Standar Perlindungan Profesi Wartawan serta melakukan pendampingan hukum terhadap wartawannya.
  4. Mengingatkan kembali agar wartawan selalu memperhatikan keselamatan dan keamanan diri dalam melakukan kerja jurnalistik seperti melaporkan kepada aparat penegak hukum apabila menerima ancaman dari pihak tertentu.
  5. Memohon semua pihak dan pemangku kepentingan untuk menunggu hasil penyelidikan serta menghormati hasil kerja tim penegak hukum sebelum melakukan langkah selanjutnya

Baca link lengkapnya berita sulawesi: https://gemasulawesi.com/dewan-pers-desak-polisi-usut-kasus-tewasnya-wartawan-sulbar/