Berita Sulawesi Tengah Terkini

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan informasi media online gemasulawesi hadir menyajikan berita Sulawesi tengah terkini untuk pembaca yang tersebar di Provinsi Sulawesi tengah.

Media online gemasulawesi.com sendiri terbentuk pada 30 September tahun 2013. Awalnya, gemasulawesi dibangun dengan konsep cetak untuk memenuhi kebutuhan berita Sulawesi tengah terkini.

Saat itu website gemasulawesi juga sudah ada hanya saja belum dimaksimalkan dalam prakteknya menyajikan berita.

Secara konsep para penginisiator gemasulawesi.com awalnya hanya menargetkan memenuhi pasar pembaca lokal di Kabupaten Parigi moutong Sulawesi tengah, belum terpikir untuk merebut keyword berita sulawesi tengah terkini.

Seiring dengan waktu penyebaran media cetak mingguan gemasulawesi mulai merambah ke kabupaten lain yang tersebar di Sulawesi tengah.

Sayangnya, pada tahun 2016 terjadi kenaikan harga kertas yang cukup signifikan. Berimbas pada pengeluaran biaya cetak yang menjadi agak sulit untuk dijangkau oleh kru gemasulawesi saat itu.

Kru itu akhirnya bubar, dan media gemasulawesi versi cetak ditiadakan.

Saat itu sendiri saya coba merangkak bangkit dari keterpurukan coba merambah kembali dunia jurnalis coba fokus membangun media gemasulawesi versi online, memulai dari keyword termudah seperti berita sulawesi tengah terkini.

Saya coba membaca, mencari  referensi dan belajar secara otodidak bagaimana cara meningkatkan traffic website, bagaimana cara membenahi struktur website agar bisa lebih bersaing dalam pencarian google.

Alhamdulillah, dalam perjalanannya walaupun secara otodidak namun fakta kemudian di Sulawesi tengah gemasulawesi.com mulai diperhitungkan.

Dalam sejumlah keyword gemasulawesi mulai bisa mendapatkan tempat yang bagus di halaman pencarian google, seperti berita sulawesi tengah terkini.

Saya coba terus belajar untuk mengoptimasi seo on page maupun seo off page website gemasulawesi, walaupun dengan keterbatasan anggaran dan personil. Saat itu saya benar benar hanya sendiri dalam membangun jati diri website gemasulawesi.

GEMASULAWESI SAJIKAN BERITA SULAWESI TENGAH TERKINI

Tidak puas hanya belajar otodidak dan menggunakan jasa praktisi SEO, saya mencoba untuk belajar private online dengan salah seorang mentor SEO defriansyah Desember tahun 2020.

Keyword berita Sulawesi tengah terkini menjadi target pembelajaran pertama yang saya pilih untuk dioptimasi.

Saya memilih keyword tersebut karena terbilang mudah dan tentunya bisa lebih mudah untuk saya jangkau sebagai langkah awal pembelajaran.

Prinsip saya sederhana, jika tak mampu mencapai keyword termudah maka jangan pernah berharap bisa merebut keyword tersulit.

Sebagaimana biasanya materi awal yang saya dapatkan umumnya telah saya pahami dengan baik sebagai dasar dasar SEO, sehingga sedikit lebih mudah untuk memahami cara menempati halaman satu google untuk pencarian berita sulawesi tengah terkini.

Dari materi 1-5 saya mempelajari beberapa praktek SEO yang sebagiannya diperuntukkan bagi website tipe marketplace. Namun, pada aplikasinya tentu bisa jadi bermanfaat juga untuk website tipe portal berita seperti milik saya.

Pada materi 6 saya sedikit kesulitan coba memahami arahan mas defriansyah, sehubungan dengan padatnya kegiatan peliputan, saya diarahkan untuk membuat artikel untuk fokus keyword berita sulawesi tengah terkini.

Tulisan ini juga dibuat dalam rangka untuk memenuhi tugas yang telah diberikan. Ada beberapa keyword yang menjadi target saya untuk dipenuhi, pertama berita Sulawesi tengah dan kedua berita Sulawesi tengah terkini.

Untuk pencarian keyword berita sulawei tengah sendiri gemasulawesi.com sudah lama menempati halaman satu walaupun masih pada peringkat dibawah lima besar.

Sehingga saya memilih keyword lain untuk dioptimasi, dalam prakteknya saya melihat beberapa perbedaan dalam penerapan SEO versi otodidak dan versi pembelajaran online ini.

Banyak hal baru yang akan saya dapatkan seperti optimasi tag dan optimasi kategori apakah itu dimungkinkan pada template yang saya gunakan saat ini? Itu kemudian akan diketahui jika saya berhasil menyelesaikan beberapa tugas yang diberikan mas defriansyah.

Pada H1 menurut mas defriansyah harus ada keyword target berita sulawesi tengah terkini, sementara untuk H2 cukup sekali saja keyword berita sulawesi tengah terkini dituliskan. selanjutnya untuk H3 keyword target berita sulawesi tengah terkini juga harus ada disisipkan.

Tentu dengan syarat tulisan itu bisa konek atau topik perburuan keyword berita sulawesi tengah terkini harus sesuai dengan isi tulisan.

Saya jadi berpikir konsep SEO itu adalah tulisan yang saling memiliki keterkaitan dan mengarah pada topik yang diinginkan pada keyword seperti berita sulawesi tengah terkini.

Menurut mas defriansyah, tulisan berisikan 1000 kata saat ini juga sudah tidak bisa menjamin bisa menduduki halaman 1 pencarian google.

Apalagi jika tulisan dimaksud berada dibawah dari 1000 kata, dalam beberapa kasus beberapa kolega mas defriansyah mengeluhkan penurunan rangking padahal tulisan mencapai 1000 kata.

Berapa besar pengaruh SEO pada portal berita? Apakah SEO hanya menjadi kebutuhan website marketplace? Itu dulu sempat terpikir, saat itu halaman satu google memang dikuasai oleh website-website marketplace.

Namun seiring dengan waktu saya melihat website portal berita akhir-akhir ini lebih menguasai halaman pencarian google. Contohnya, jika kita ketik keyword berita sulawesi tengah terkini maka umumnya yang muncul adalah website portal berita.

Artinya ada pergeseran kebutuhan dalam pembacaan google bot, kondisi ini membuat saya lebih semangat untuk belajar pada pakar SEO Defriansyah.

Ada beberapa hal yang membuat saya tertarik untuk mengikuti private SEO yang diadakan oleh defriansyah. Untuk lebih jelasnya bisa mengecek langsung pada website defriansyah.net.

Pertama, pertimbangan kebutuhan portal berita akan penerapan SEO sangat dibutuhkan dalam era persaingan yang sangat ketat khususnya dalam perebutan keyword berita sulawesi tengah terkini.

Sebagai salah satu media online lokal pertama di Sulawesi tengah yang telah terverfikasi administrasi oleh dewan pers, tidak bisa menempati halaman satu google untuk keyword berita sulawesi tengah terkini tentu menjadi tamparan tersendiri.

Harusnya, secara letak geografis gemasulawesi memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan tempat dihati pembaca Sulawesi tengah untuk keyword berita sulawesi tengah terkini khususnya.

Tapi entah kenapa, sekeras apapun dan sebagus apapun berita yang disajikan oleh gemasulawesi tetap sulit mendapatkan tempat yang baik pada sisi pencarian google.

Kami hanya sedikit diuntungkan dengan keberadaan google news sehingga masih bisa menjangkau pembaca secara online.

Tetapi jika ada isu krusial yang meledak di Sulawesi tengah dan Sulawesi secara umum, gemasulawesi sangat sulit bersaing merebut posisi dengan media nasional yang notabene didukung sumber daya dan modal berlimpah.

Kendala modal adalah paling utama kami rasakan menjadi penyebab sulitnya berebut posisi di halaman satu google bahkan untuk keyword berita sulawesi tengah terkini yang masuk kategori mudah. Bermain SEO menurut saya sangat membutuhkan modal yang besar.

Tapi untuk itu saya tidak berputus asa, apalagi mendegar perjalanan dari mentor saya defriansyah juga mengalami pasang surut dalam bisnisnya kemudian bisa bangkit atas izin Allah melalui SEO.

Ditengah pandemik ini, umumnya jurnalis sebagai pekerjaan sangat terdampak, pemotongan anggaran besar-besaran menjadi momok tersendiri.

Melalui kursus ini juga saya sangat berharap bisa menimba ilmu sebanyak banyaknya sehingga bisa membantu teman teman lain pemilik portal berita tetapi memiliki keterbatasan modal.

Sangat ingin membangun jejaring media online lokal saling bahu membahu menekan kapitalisasi bisnis media besar yang ada di Indonesia.

Agak muluk tetapi bukan tidak mungkin untuk direalisasikan, komitmen belajar yang harus saya tanamkan untuk bisa membangun bisnis media sendiri.

Semoga tulisan ini bisa menguatkan keyword berita Sulawesi tengah terkini yang menjadi target tugas saya.

Tentu target menjadi media online terdepan pada pangsa pembaca lokal Sulawesi tengah menjadi target yang tidak mudah mengingat ada ratusan media online tersebar di Sulawesi tengah saat ini.

Berebut keyword berita sulawesi tengah terkini apakah membutuhkan BL yang banyak? atau cukup dengan mengoptimasinya melalui tulisan? hal itu sedikit membuat saya penasaran.

Baca juga: Positif Corona Sulawesi Tengah Menjadi 19 Orang