Berikut Program Prioritas Disnakertrans Parigi Moutong 2020

67
Berikut Program Prioritas Disnakertrans Parigi Moutong 2020
Illustrasi tenaga kerja

Parigi moutong, gemasulawesi.comDinas tenaga kerja dan transmigrasi atau Disnakertrans Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) mempunyai lima program kerja prioritas untuk tahun anggaran 2020.

“Lima program prioritas itu termuat ke dalam dua bidang dari lima bidang yang ada di Disnakertrans,” ungkap Kepala Disnakertrans Parigi Moutong, IW. Sariana, di ruang kerjanya, Senin, 2 Maret 2020.

Rinciannya, program kerja di Bidang Tenaga Kerja antara lain peningkatan perluasan lapangan kerja, peningkatan pelatihan tenaga kerja berbasis kompetensi dan penciptaan wirausahawan baru.

Selanjutnya, untuk progam kerja di Bidang Ketransmigrasian yaitu penyiapan penempatan transmigrasi dan pembinaan serta pengembangan kawasan transmigrasi.

“Program itu untuk mendukung mewujudkan visi pembangunan merata di segala bidang dari Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong,” tegasnya.

Terkait Sumber Daya Manusia (SDM) dari setiap tenaga kerja, Menteri Tenaga Kerja Indonesia, Ida Fauziah menjelaskan sikap responsif harus diimplementasikan agar tetap berdaya saing menghadapi era revolusi industri 4.0.

Era revolusi industri 4.0 menuntut dunia usaha dan industri untuk responsif terhadap perubahan guna menjaga eksistensi bisnis.

“Masa desrupsi ekonomi itu, tidak cukup dihadapi hanya dengan inovasi dan kreatifitas. Namun, mesti juga menjadi perhatian adalah kecepatan menjalankan tugas,” jelasnya.

Menurutnya, era digital akan menciptakan banyak peluang usaha serta menjadikan iklim usaha lebih kompetitif. Hal itu akan membuka peluang usaha menjadi lebih besar bagi warga.

Guna menghadapi persaingan di era digital, Kemnaker telah melakukan penguatan pembangunan SDM dalam beberapa tahun terakhir.

Diantaranya, program pemagangan untuk 210 ribu orang baik dalam negeri maupun luar negeri. Kemudian 257.240 orang ditingkatkan keterampilannya melalui PBK. Sedangkan, program peningkatan produktivitas telah membantu 18.800 orang untuk lebih berkembang.

“Terdapat hampir 1 Juta orang yang disertifikasi kapasitas dan kompetensinya,” terangnya.

Selain itu, untuk memperkuat akses keterampilan, Kemnaker telah membangun 1.113 BLK komunitas. Program itu akan ditambah sebanyak 2000 BLK komunitas di tahun 2020.

“Yang menjadi prioritas itu adalah pembangunan SDM dan memperbaiki sistem pendidikan,” tutupnya.

Baca juga: Faktor Kehamilan Remaja Tingkatkan Resiko Kematian Bayi

Laporan: Muhammad Rafii       

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.