Berikut Jadwal Pelaksanaan Ujian CAT CPNS Parigi Moutong

2
144
Berikut Jadwal Pelaksanaan Ujian CAT CPNS Parigi Moutong
Illustrasi Ujian CAT CPNS Parigi Moutong



Parigi moutong, gemasulawesi.com BKN Regional Makassar mengeluarkan surat jadwal pelaksanaan ujian CAT wilayah regional IV per Kabupaten atau kota.

“Berdasarkan surat Menpan-RB nomor B/1007/S.SM.01.00/2019 tanggal 01 Oktober 2019 perihal jadwal pelaksanaan ujian seleksi CPNS formasi tahun 2019, dalam rangka mensukseskannya pelaksanaan di tiap provinsi, kabupaten dan kota,” bunyi surat BKN Regional IV Makassar nomor KR.IV.K.26-25/Y.3-17/2020, Senin 20 Januari 2020.

Dalam surat juga disebutkan, Pemerintah daerah (Pemda) segera menyiapkan alokasi anggaran yang dibutuhkan dalam tahun 2019 dan 2020. Tujuannya, untuk penyediaan infrastruktur pendukung pelaksanaan seleksi CPNS antara lain gedung, client computer (mandiri), jaringan komputer dan internet, genset serta sarana dan prasarana pendukung ujian CPNS.

Kabupaten Parigi Moutong mendapatkan jadwal pelaksanaan ujian CAT selama empat hari, pada 25-28 Februari 2020. Jumlah peserta ujiannya sebanyak 5316 peserta. Jumlah pendukung komputer sebanyak 300 unit. Dengan dukungan perangkat pendukung, maka jumlah waktu ujian yang dilaksanakan sebanyak 18 sesi.

Lokasi ujiannya, akan diadakan di Auditorium Kantor Bupati Parigi Moutong, Jalan Kampali nomor I Parigi.

Baca juga: Gedung Auditorium Kantor Bupati Parigi Moutong Menjadi Tempat Tes CPNS

Sebelumnya, Panselda penerimaan CPNS Parigi Moutong tahun 2020 telah melaksanakan simulasi ujian Computer Assist Tes atau CAT.

Saat simulasi, Panselda memasang 44 unit laptop dan dibagi kedalam dua sesi peserta ujian. Kegiatan dilaksanakan bersamaan dengan observasi dari UPT BKN Palu serta BKN Regional IV Makassar.

“Tim BKN itu sudah ada di Parigi Moutong pada 5 Januari 2020. Dan alhamdulillah seluruh yang diisyaratkan Panitia seleksi nasional (Panselnas) itu dinyatakan memenuhi syarat,” ungkap Kepala BKPSDM Parigi Moutong, Ahmad Saiful.

Ia melanjutkan, pihaknya tinggal menunggu jadwal pelaksanaan yang akan diumumkan kantor BKN Regional Makassar. Diantara tanggal 27 Januari sampai dengan tanggal 27 Februari 2020.

Dalam satu kali sesi ujian, sejumlah 300 peserta dapat ditampung. Sehingga, pihaknya menyiapkan laptop sekitar 320 buah. Harus ada 20 cadangan laptop, tujuannya untuk mengantisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi ketika pelaksanaan ujian. Pasalnya, dalam satu hari laptop akan bekerja secara maksimal.

“Pelaksanaan ujiannya berupa test secara offline. UPT BKN Palu serta BKN Regional yang menyiapkan,” terangnya.

Selanjutnya, UPT BKN Palu dan Kantor BKN Regional IV Makassar yang akan menyediakan server ujian CAT. Hasil ujiannya akan langsung diumumkan dan dikirim langsung ke BKN Pusat. Sehingga, jelas Panselda tidak mencampuri urusan kelulusan peserta ujian CPNS.

Panselda kata dia, hanya bertugas mengawasi dari luar ruang ujian. Kemudian, menyiapkan pengecekan security berupa metal detektor kepada setiap peserta ujian sebelum masuk ke ruangan ujian.

Pemda sangat antusias menyambut pelaksanaan ujian seleksi CPNS di laksanakan Auditorium Kantor Bupati. Pasalnya, Pemda bisa mendapatkan keuntungan dari peredaran ekonomi daerah. Ribuan peserta ujian yang akan masuk ke Parigi Moutong.

“Kalau ujian dilaksanakan di Palu, biaya yang harus disiapkan Pemda sekitar 800 Juta Rupiah. Belum lagi biaya akomodasi Panselda selama ujian pelaksanaan. Jadi, lebih baik diadakan di Parigi Moutong,” tuturnya.

Ia menambahkan, setelah pengecekan dari tim UPT BKN Palu dan BKN Regional IV Makassar, gedung Auditorium Kantor Bupati memenuhi kelayakan untuk menyelenggarakan ujian CAT CPNS 2020.

Baca juga: Gantikan BPJS, DPRD Usulkan Kartu Parigi Moutong Sehat

Laporan: Muhammad Rafii

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here