Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Berikut Beberapa Jenis Remisi Napi yang Bisa Diberikan

Berikut Beberapa Jenis Remisi Napi yang Bisa Diberikan
Foto: Illustrasi remisi narapidana.

Gemasulawesi– Pada beberapa momen tertentu sejumlah narapidana umumnya mendapatkan remisi. Berikut jenis remisi napi.

Remisi adalah pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana yang memenuhi sejumlah persyaratan.

Mengutip laman Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham, berikut jenis remisi Napi yang diberikan.

Baca juga: 160 Napi di Parigi Moutong Diusulkan Dapat Remisi HUT RI

  1. Jenis remisi napi, remisi umum diberikan setiap tahun pada tanggal 17 Agustus. Besaran remisi umum adalah sebagai berikut: Untuk tahun pertama, bagi narapidana yang telah menjalani pidana 6 sampai 12 bulan diberikan remisi 1 bulan. Sedangkan bagi yang lebih dari 12 bulan dapat 2 bulan. Tahun kedua mendapatkan remisi 3 bulan Tahun ketiga mendapatkan remisi 4 bulan Tahun keempat dan kelima mendapatkan remisi 5 bulan Tahun keenam dan seterusnya mendapatkan remisi 6 bulan
  2. Remisi khusus (keagamaan) Remisi keagamaan diberikan setiap tanggal hari raya keagamaan yang dianut oleh narapidana dan tercantum di sistem peradilan pidana (SPP) Kepolisian. Besaran remisi keagamaan adalah sebagai berikut: Untuk tahun pertama, bagi narapidana yang telah menjalani pidana 6 sampai 12 bulan diberikan remisi 15 hari. Sedangkan bagi yang lebih dari 12 bulan, dapat 1 bulan. Tahun kedua dan ketiga mendapatkan remisi 1 bulan Tahun keempat dan kelima mendapatkan remisi 1 bulan 15 hari Tahun keenam dan seterusnya mendapatkan remisi 2 bulan.
  3. Jenis remisi napi, remisi tambahan Remisi tambahan diberikan bersamaan dengan remisi umum.

Baca juga: 138 Napi Dapat Remisi di Parigi Moutong, Satu Orang Bebas

Ada tiga kategori remisi tambahan, yaitu: Remisi berbuat jasa kepada negara: besaran remisi sebesar setengah dari remisi umum diperoleh pada tahun yang bersangkutan.

Remisi perbuatan yang bermanfaat bagi negara atau kemanusiaan: besaran remisi sebesar setengah dari remisi umum yang diperoleh pada tahun yang bersangkutan.

Remisi melakukan perbuatan yang membantu kegiatan pembinaan: besaran remisi sebesar sepertiga dari remisi umum yang diperoleh pada tahun yang bersangkutan.

  1. Remisi atas kejadian luar biasa Remisi atas kejadian luar biasa diberikan saat terjadi peristiwa di luar dugaan, seperti saat terjadi bencana alam dan narapidana kembali ke lapas.

Besaran remisi yang diberikan dihitung sesuai dengan jenis bencananya, yang diatur oleh Keputusan Presiden atau Keputusan Menteri.

Pada kasus tertentu diberikan remisi dari 2 sampai 6 bulan dan pada kasus lain setengah dari masa pidana.

  1. Remisi dasawarsa Remisi dasawarsa adalah remisi yang diberikan pada setiap 10 tahun Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI.

Pemberian remisi dasawarsa terakhir dilakukan pada 2015, sehingga remisi dasawarsa selanjutnya akan diberikan pada 2025.

Besaran remisi dasawarsa adalah satu per dua belas dari masa pidana, dengan maksimum pengurangan tiga bulan. Masa pidana adalah totak hukuman pidana berdasarkan vonis putusan.

  1. Remisi untuk kepentingan kemanusiaan Remisi untuk kepentingan kemanusiaan diberikan kepada narapidana dengan kategori tertentu, meliputi:

Remisi anak

Remisi anak diberikan pada narapidana anak yang berusia di bawah 18 tahun dan diberikan pada Hari Anak 23 Juli.

Remisi lansia diberikan pada narapidana lansia yang berusia di atas 70 tahun dan diberikan pada Hari Lansia 29 Mei.

Remisi sakit berkepanjangan diberikan pada narapidana yang menderita penyakit yang sulit disembuhkan, mengancam jiwa, serta memerlukan perawatan ahli, dan diberikan pada Hari Kesehatan 7 April.

Besaran remisi untuk kepentingan kemanusiaan mengikuti besaran remisi yang diusulkan untuk remisi umum.

  1. Jenis remisi napi, remisi perubahan jenis pidana Remisi perubahan jenis pidana hanya diberikan untuk narapidana dengan hukuman Seumur Hidup, dan diubah menjadi pidana sementara.

Syarat untuk mendapatkan remisi perubahan jenis pidana adalah narapidana telah menjalani minimal lima tahun penjara. (**)

Baca juga: 15 Napi Lapas Klas III Parigi Dapat Remisi Khusus Natal 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post