Berbuka Puasa Dengan Makanan Dan Minuman Ini Bisa Sebabkan Diare

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Bagi sebagian orang, diare sering  terjadi saat puasa. Tidak hanya mengganggu, diare juga membuat tubuh Anda semakin lemas dan rentan  dehidrasi. Jika tidak segera diberikan, bisa berbahaya bagi tubuh Anda! Tapi jangan khawatir, kami akan membagikan  lima makanan yang perlu Anda hindari menyebabkan diare saat berbuka puasa, berikut daftarnya:

1. Makanan Pedas

Rasa pedas sepertinya sudah menjadi sahabat bahasa Indonesia, bukan? Namun, saat berpuasa, sebaiknya hindari makan makanan pedas karena berisiko memicu  diare.

Capsaicin yang ditemukan dalam paprika dan cabai dapat mengiritasi usus kecil dan memanaskan perut. Tak hanya itu, capsaicin juga mendorong reseptor di dalam tubuh, yang menyebabkan makanan bergerak  lebih cepat melalui usus. Inilah yang menyebabkan diare saat puasa.

2.Mengkonsumsi makanan berminyak

Selain pedas, makanan berlemak juga dapat menyebabkan diare saat puasa. Saat makanan berlemak dan berminyak masuk ke dalam tubuh, lambung akan  lebih lambat  mencerna makanan  lambung. Hal ini menyebabkan mual, muntah dan diare.

3. Minuman yang mengandung kafein

Selain itu, diare bisa terjadi karena pencernaan terlalu berat saat menyerap air dan garam. Minuman berkafein karenanya menjadi salah satu pemicunya. Alih-alih minum kopi atau soda, sebaiknya penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan air mineral. Puasanya teratur, badan segar!

4.Stres Berlebihan

Tidak dapat dipungkiri  bahwa stres dapat memicu  berbagai gangguan kesehatan, termasuk diare. Untuk mengurangi  stres, Anda bisa meluangkan waktu untuk berolahraga ringan atau berbincang dengan orang tersayang. Dengan cara ini Anda bisa terhindar dari diare saat berpuasa.

Nah, itulah lima penyebab diare saat puasa yang bisa Anda hindari. (*)

Baca: Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Dan Penampilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.