Berapa Gelontoran Anggaran Pembangunan GOR Mamuju?

0
436
Berapa Gelontoran Anggaran Pembangunan GOR Mamuju?
Illustrasi GOR

Mamuju, gemasulawesi.com Berapa gelontoran anggaran pembangunan sarana Gedung Olahraga (GOR) serbaguna oleh Disdikpora Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulbar.

Disdikpora Mamuju mulai membangun GOR di kompleks Stadion Manakarra. Pembangunannya menelan anggaran senilai Rp 12,9 Miliar.

“GOR serbaguna yang dibangun, akan terdiri dari lima paket jenis olahraga. Diantaranya olahraga Bola voli, Sepak takraw, Bulutangkis, Tennis lapangan dan Bola basket,” kata Kadisdikpora, Hj Murniani, di ruang kerjanya, Selasa, 20 Agustus 2019.

Ia melanjutkan, anggaran pembangunan GOR serbaguna, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler tahun 2019.

Gelontoran dana pembangunan GOR tutur dia, tujuannya untuk pembinaan pemuda dan olahraga melalui Kemenpora RI.

Kabupaten Mamuju merupakan salah satu daerah dari 40 kabupaten dan kota yang dinyatakan memenuhi kriteria layak pembangunan GOR.

“Kesyukuran tersendiri Kabupaten Mamuju dinilai layak membangun GOR. Setelah bersaing dengan 500 Kabupaten dan Kota pengusul pembangunan GOR,” terangnya.

Ia menjelaskan, Kemenpora menyetujui pembangunan gedung olah raga type B berstandar internasional.

Diketahui, dalam peraturan Sesmenpora Nomor 145 Tahun 2016, GOR Tipe B adalah gedung olahraga dengan ukuran efektif arena minimal mendekati panjang kurang lebih 40 m, lebar 25 m, tinggi di atas area permainan 12,5 m dan tinggi zona bebas di luar area permainan 5,5 m.

Dalam waktu berbeda dapat difungsikan sebagai tempat pertandingan olahraga tingkat nasional atau internasional dan memungkinkan untuk digunakan beberapa cabang olahraga.

Antara lain, Bulutangkis empat lapangan, Bola Voli empat lapangan, Bola Basket satu lapangan, Futsal satu lapangan ukuran 31m x 16m, Tenis Lapangan satu lapangan, dan Sepaktakraw empat lapangan.

Apabila difungsikan sebagai tempat latihan dapat dibuat tata letak yang lebih optimal dengan pembuatan garis-garis area permainan yang berbeda warna untuk masing-masing cabang olahraga.

Laporan: Aqil Azizi

Tinggalkan Balasan