fbpx

Bencana Abrasi Pantai Amurang, Belasan Rumah dan Jembatan Ambruk

waktu baca 2 menit
(Foto Istimewa)

Berita Sulawesi Utara, gemasulawesi – Bencana abrasi yang terjadi di pesisir Pantai Boulevard, Kelurahan Bitung, dan Kelurahan Uwuran Satu, Kecamatan Kepulauan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, belasan rumah beserta satu jembatan dan satu penginapan ambruk pada hari Rabu 15 Juni 2022, pukul 14.00 Wita.

Berdasarkan laporan visual dari BPBD Minahasa Selatan, ada rumah dan jembatan yang dipengaruhi oleh abrasi pada bibir tebing yang terbatas langsung dengan pantai.

“Abrasi kemudian mengikis tebing pantai sehingga menyebabkan puluhan rumah bergeser dan ambruk seperti ditelan air laut,” ucap Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangannya, Kamis 16 Juni 2022.

Ia menambahkan, bencana abrasi di pantai amurang mengakibatkan ambruknya puluhan rumah sehingga menjadi tontonan warga sekitar kejadian dan dibagikan di media sosial. Tidak ada laporan korban jiwa dan tim gabungan masih melakukan survei cepat untuk mengumpulkan lebih banyak data kerugian material.

Baca: Prabowo Subianto Maju Capres 2024, Partai Gerindra Siapkan Deklarasi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini bahwa beberapa wilayah pesisir di Indonesia berpotensi terkena banjir pesisir mulai 11 hingga 23 Juni 2022. Peristiwa itu disertai fenomena bulan purnama super pada Selasa 14 Juni 2022.

Sebelumnya, BMKG berharap masyarakat dapat meningkatkan kesadaran, bebas pantai untuk sementara waktu, memantau wilayah pesisir, dan memperbarui informasi prakiraan cuaca BMKG.

“Untuk upaya sementara agar pantai berbatu tidak tergerus, masyarakat dengan bantuan BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum dapat membangun tanggul sementara baik dengan karung pasir maupun kombinasi dengan bambu,” ucapnya. (*Ikh)

Baca: Terduga Pelaku Penyalahgunaan Narkoba di Kota Palu Dibekuk Polisi

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.