Belasan Kuda Uji Coba Lintasan Pacu Baliara Parigi Moutong

Belasan Kuda Uji Coba Lintasan Pacu Baliara Parigi Moutong
Magneto, kuda juara asal Sulawesi Tengah (Foto: Amirullah)

Parigi moutong, gemasulawesi.com Belasan kuda peserta Lomba Pacuan Kuda Piala Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) tahun 2020, uji coba lintasan pacu di Desa Baliara Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).

“Kegiatan ini untuk pemantapan arena serta pengenalan lintasan pacu Baliara Parigi Moutong bagi kuda dan joki,” ungkap Andi Sadam, Sekretaris Pordasi Parigi Moutong, di lokasi pacuan kuda Baliara, Minggu 30 Februari 2020.

Read More

Ia melanjutkan, pada kegiatan pacuan kuda Piala Gubernur Sulawesi Tengah tahun 2020, menargetkan enam sampai delapan kelas yang akan dilombakan.

Para peserta yang akan ikut lomba kali ini kata dia, adalah kuda dari Sulawesi Barat, Gorontalo, Manado dan Jeneponto. Mulai dari kuda lokal hingga kuda ras.

Peserta yang melakukan uji coba arena diikuti tim dari Palu. Diantaranya, kuda juara dari Provinsi Sulawesi Tengah, Magneto yang akan mengikuti kelas 1600.

“Tema kegiatan pacuan kuda ini adalah bersama kita gali sejarah berkuda sebagai wujud manefistasi sunnah rasullullah. Hingga, menunjang pengembangan pariwisata di Parigi Moutong,” tuturnya.

Pertemuan PORDASI Sulawesi Tengah dengan Pengcab PORDASI Parigi Moutong dan KONI Parigi Moutong pekan lalu, menetapkan waktu penyelenggaraan pacuan kuda pada 21-22 Maret 2020.

Sementara itu, dikutip dari Sultengaktual, Ketua PORDASI Provinsi Sulawesi Tengah Anjas Lamatata mengatakan, piala, uang tunai dan sepeda motor menjadi hadiah bagi pemenang.

“Untuk total bonus serta rinciannya nanti disampaikan pekan depan. Yang pasti untuk angka bonus tidak jauh beda dengan yang sudah sering digelar di Sulawesi Tengah,” jelasnya.

Terkait satu unit sepeda motor lanjut dia, adalah hadiah utama lomba yang disumbangkan Ketua KONI Parigi Moutong, Faisan Badja.

Ia mengatakan, merupakan sebuah apresiasi serta motivasi bagi PORDASI dengan adanya sumbangan dari ketua KONI Parigi Moutong. Itu adalah beban tanggung jawab untuk menyukseskan Piala Gubernur tahun 2020.

“Menyangkut bentuk kegiatannya, akan digelar secara terbuka,” terangnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua KONI Parigi Moutong, Faisan Badja membenarkan pemberian sepeda motor untuk event Piala Gubernur Sulawesi Tengah 2020.

Sumbangan itu kata dia, bertujuan memeriahkan pacuan kuda di Parigi Moutong. Dan sebagai apresiasi kepada PORDASI salah satu cabang olahraga baru.

“Namun, sebagai tujuan utamanya adalah mendukung PORDASI Parigi Moutong menarik minat atlet-atlet serta tim berkuda dari luar Sulawesi Tengah ikut serta meramaikan kejuaraan Piala Gubernur Sulawesi Tengah,” jelasnya.

Terlepas dari olahraga, dukungan KONI ke PORDASI juga erat kaitannya dengan sejarah. Menurut sejarah, olahraga berkuda ini merupakan budaya pendahulu di Parigi.

Ia menambahkan, lewat PORDASI diharapkan bisa tergali kembali tentang sejarah berkuda di Parigi Moutong.

Baca juga: Ratusan Peserta Ujian CAT CPNS Parigi Moutong Tidak Lulus

Laporan: Muhammad Rafii

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 comment