Rabu, April 21, 2021

Pemkot Palu Siapkan Sekolah Percontohan Belajar Tatap Muka

Must read

Berita kota palu, gemasulawesi– Pemkot menyebut sedang mempersiapkan sekolah percontohan belajar tatap muka di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

“Jika tidak ada hambatan, kami siap melaksanakannya untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di tengah pandemi covid 19 dalam waktu dekat ini,” ungkap Wakil Walikota Palu, Reny A Lamadjido, saat menggelar jumpa pers di ruang rapat Kantor Bappeda Kota Palu, Rabu 17 Maret 2021 pukul 09.00 Wita.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya terus menyiapkan sarana dan prasarana pendidikan, tenaga pendidik dan kependidikan serta peserta didik. Tujuanya, agar belajar tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan di Kota Palu, Sulawesi Tengah, bisa terlaksana dalam waktu dekat.

Pihak sekolah di Kota Palu kata dia, wajib melengkapi sekolahnya dengan sejumlah sarana prasarana sesuai dengan standar protokol kesehatan.

Baca juga: Belajar Daring, Metode Pembelajaran Semester Ganjil

“Sekolah wajib menyiapkan tempat cuci tangan, menyiapkan alat pengukur suhu (thermogan) dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan,” tuturnya.

Saat ini, baik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan tengah menjalani vaksinasi Covid 19. Sehingga, diharapkan semuanya bisa siap melaksanakan tugasnya sesuai protokol kesehatan.

Tentunya, Dinkes bersama dengan seluruh Puskesmas di Kota Palu turun langsung melaksanakan pengawasan di lapangan untuk mensukseskan persiapan sekolah belajar tatap muka.

Sebelumnya, Disdikbud Kota Palu telah menyiapkan protokol pendidikan yang berisi tatacara pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

Kepala Disdikbud Kota Palu, Ansyar Sutiadi menjelaskan, salah satu aturan pembelajaran tatap muka di tengah pandemi misalnya dalam satu kelas hanya bisa diisi maksimal 50 persen dari total peserta didik.

Lalu, antara peserta didik harus duduk berjarak minimal satu meter. Tenaga pendidik juga harus menjaga jarak dengan peserta didik.

“Saya harap upaya-upaya itu efektif mencegah terjadinya penularan dan penyebaran covid 19 antar tenaga pendidik dan kependidikan,” sebutnya.

Ia mengatakan, sekolah mesti mengajukan izin pelaksanaan pembelajaran tatap muka ke Disdikbud Kota Palu. Nanti, akan dievaluasi kesiapannya.

Jika dinilai telah siap dan memenuhi syarat, maka Disdikbud berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan covid 19 Kota Palu, Sulawesi Tengah, agar sekolah belajar tatap muka diusulkan kepada Walikota.

“Pembelajaran akan dilaksanakan secara bertahap sesuai izin dari Walikota Palu,” tutupnya.

Baca juga: Parigi Moutong Uji Kelayakan Sekolah Belajar Tatap Muka Masa Pandemi

Laporan: Rafiq

- Advertisement -spot_img

More articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img