Pansel Buka Rekrutmen Pimpinan Baznas Parigi Moutong 2021-2026

17980
Jangan Lupa Share

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Panitia seleksi membuka seleksi calon pimpinan BAZNAS Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, periode 2021-2026.

“Pembukaan seleksi pimpinan BAZNAS tersebut dikarenakan masa jabatan pimpinan serta pengurus yang lama akan berakhir pada 10 Mei 2021 mendatang,” ungkap Kabag Kesra Setda Parimo, Haris Rahim, di ruang kerjanya, Jumat 5 Maret 2021.

Ia menjelaskan, pengangkatan dan pemberhentian pengurus yang baru itu berdasarkan peraturan BAZNAS nomor 1 tahun 2019.

Dalam peraturan BAZNAS menyebutkan, tiga bulan sebelum berakhir masa kepengurusan, maka harus dilaksanakan tahapan-tahapan dan pemilihan kembali pengurus yang baru.

Struktur kepengurusan BAZNAS Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, ini diantaranya ketua dan empat orang wakil ketua serta masyarakat yang terdiri tokoh ulama kemudian tenaga profesional.

Baca juga: Baznas Majene Akan Salurkan Zakat Kepada Lansia

“Periode pengurusan BAZNAS ini berlaku hingga lima tahun kedepan,” tuturnya.

Selain itu, untuk saat ini pihaknya sudah membentuk panitia untuk melakukan seleksi calon pimpinan serta pengurus BAZNAS Parigi Moutong, Sulawesi Tengah yang baru.

Panitia yang akan melakukan seleksi calon pimpinan dan pengurus BAZNAS Parigi Moutong, Sulawesi Tengah itu sebanyak lima orang.

Kemudian untuk tahapannya sudah diatur diantaranya seleksi admistrasi, ujian kompetensi tertulis dan pemaparan makalah sekaligus tes wawancara.

Diketahui, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional.

Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional.

Dalam UU itu, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.

Dengan demikian, BAZNAS bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.

Ia menambahkan, pendaftaran pimpinan dan pengurus BAZNAS Parigi Moutong, Sulawesi Tengah akan dibuka pada 5 Maret hingga 13 April 2021 mendatang.

Baca juga: Kemenag Sulteng Gelar Kegiatan Peningkatan Kualitas Pengurus

Laporan: Aldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post