Hari ini, Bawaslu Parimo Gelar Sidang Ajudikatif

0
92
Hari ini, Bawaslu Parimo Gelar Sidang Ajudikatif
Ketua Bawaslu Parimo, Muchlis (Foto: gemasulawesi.com)
SHARE

Parimo, gemasulawesi.com- Hari ini, Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Parimo, Propinsi Sulawesi tengah (Sulteng), menggelar sidang ajudikatif di kantor Bawaslu.

Hal ini disampaikan ketua Komisioner Bawaslu Parimo, Muchlis Aswad, kepada gemasulawesi.com, yang ditemui diruang kerjanya, Selasa, 14 Mei 2019.

“Saat ini, kami sedang melakukan persiapan untuk sidang ajudikatif, yang inshaallah dilaksanakan pukul empat sore sebentar,” ujarnya.

Sidang tersebut kata dia, adalah sidang pendahuluan atas dugaan pelanggaran administrasi yang dilaporkan Dewan Pimpinan Cabang (DPC), Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA) Kabupaten Parimo.

Pihak HANURA lanjut dia, menduga telah terjadi perubahan angka nilai perolehan suara dari beberapa dokumen C1 Plano, yang dianggap telah merugikan partai tersebut pada pelaksanaan pemilu belum lama ini.

“Berdasarkan laporan yang ada, hal itu terjadi pada beberapa Kecamatan, diantaranya Kecamatan Toribulu dan Taopa,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, adapun agenda tahapan sidang pendahulan ini yaitu pemenuhan syarat formil dan materil atas dugaan yang dilaporkan dari pihak pelapor.

Menurutnya, jika syarat formil dan materil dari dugaan tersebut dapat terpenuhi, pihaknya bakal melanjutkan penanganan laporan tersebut.

“Kalau dua syarat tersebut terpenuhi, kita akan agendakan pembuktian dengan pengumpulan bahan keterangan pada sidang berikutnya,” tuturnya.

Dia berharap proses persidangan dapat berjalan lancar, demi terwujudnya keadilan dalam pelaksanaan sistem demokrasi.

“Apapun masalahnya, kemenangan akan berpihak pada kebenaran,” tutupnya.

Baca juga: Bawaslu Parimo Awasi Durasi Penghitungan Suara

Laporan: Daniel


SHARE

Tinggalkan Balasan