2Banner GIF 2021

Basri, Napiter Poso Ajak Kelompoknya Ikrar Setia Kepada NKRI

Basri, Napiter Poso Ajak Kelompoknya Ikrar Setia Kepada NKRI
Foto: Basri, Napiter Poso Ajak Kelompoknya Ikrar Setia Kepada NKRI.

Gemasulawesi– Narapidana terorisme atau Napiter Poso, Muhammad Basri bin Barjo alias Bagong, telah mengucap ikrar setia ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), karena sudah tidak ada gunanya lagi berbuat kekerasan.

Menurutnya dalam video yang beredar Senin 4 Oktober 2021, lebih baik turun gunung dan kembali ke tengah-tengah masyarakat untuk membangun bangsa.

“Saya Basri atau Kang Basri atau Opa, buat ikhwan-ikhwan dan adik-adikku yang ada di Gunung Biru, khususnya. Imbauan kepada antum semua, kalau antum melihat ana seperti kakak antum, ana imbau kepada antum sudah kita hentikan saja kekerasan yang ada di Gunung Biru, khususnya di Poso, nggak ada gunanya lagi,” ujar Basri.

Baca juga: Sambut HUT RI, Pemda Parigi Moutong Imbau Pasang Umbul-Umbul

Basri, Napiter Poso yang pernah tergabung kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) ini mengimbau kelompoknya di Poso agar turun gunung dan mengikuti jejaknya.

“Kita sudah membuat susah orang banyak, terutama buat masyarakat Poso. Kita kumpul lagi dengan anak istri kita,” tuturnya.

“Saya berjanji kalau antum mau turun, saya yang akan jemput. Akan saya gendong. Akan saya peluk kalian semua,” ujarnya lagi.

Basri juga mengimbau pengikutnya agar tidak perlu khawatir dituding sebagai pengecut jika mereka mau turun dari Gunung Biru dan bertaubat.

“Sebenarnya orang-orang pengecut itu teman-teman yang dibilang mujahidin yang akhirnya teriak-teriak di belakang pantat-pantat istri-istri mereka,” katanya.

“Buat ikhwan-ikhwan yang mengaku mujahidin, kita mengimbau jangan bergabung dengan saudara kami di Poso. Poso ingin damai. Poso ingin tentram. Kami akan bangun Poso dengan nilai-nilai ajaran Rasulullah yang baik, bukan dengan cara-cara kekerasan,” katanya.

Sebelumnya, Basri juga mengajak Ali Kalora Cs segera dapat menyerahkan diri.

Ia juga menerangkan, saat ia menyerahkan diri dan mempertanggung jawabkan perbuatanya, hingga saat ini keadaanya sangat baik dan sehat.

“Adik dan kakak-kakakku yang saya cintai dan saya sayangi, marilah turun dari hutan, marilah selesaikan persoalan ini dengan duduk bersama, tidak usah lagi begitu mari kita hidup tenang, kita bangun Kota Poso bersama,” kata Basri dalam rekaman video.

“Kalau kalian takut untuk turun menyerahkan diri, saya yang akan bertanggung jawab, sayalah yang akan menjemput kalian,” katanya tegas.

Dalam rekaman itu juga ia mengatakan, pihak kepolisian memperlakukan dirinya selama ini dengan humanis.

“Sekali lagi marilah turun, mari tinggalkan perbuatan yang melanggar hukum itu,” harap Basri. (****)

Baca juga: Kesbangpol Fasilitasi Bantuan Usaha untuk Eks Napiter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post