Bappelitbangda Parimo Gelar Rakor Terkait Program Tahun 2020

0
48
Bappelitbangda Atur Pengembangan Ekonomi Prioritas Tiga Kecamatan
Kabid Ekonomi, Bappelitbangda Parimo, Nur Noviyanthi Bandha. (Foto: Rafii)
SHARE

Parimo, gemasulawesi.com- Bappelitbangda Parimo Provinsi Sulteng menggelar Rapat koordinasi (Rakor) bersama OPD, merumuskan penjabaran program prioritas Tahun 2020.

Hal tersebut nampak dari pantauan gemasulawesi.com, pada Rakor Bappelitbangda bersama kurang lebih 15 OPD, di kantor Bappelitbangda Parimo, Selasa, 14 Mei 2019.

“Rapat koordinasi ini merumuskan secara detail program prioritas tahun 2020 ,” ungkap Kepala Bidang Ekonomi Bappelitbangda Parimo, Nur Noviyanthi Bandha.

Ia melanjutkan, persamaan persepsi penjabaran sasaran pembangunan itu termuat dalam tiga prioritas pembangunan yaitu parimo khatulistiwa, parimo cerdas, dan parimo sehat.

Latar belakangnya, yakni penyelesaian isu masalah melalui program parimo khatulistiwa, berupa peningkatan target pertumbuhan ekonomi diangka enam sampai tujuh persen.

Kemudian, penurunan angka kemiskinan dibawah 17 persen dan peningkatan IPM Kabupaten Parimo yang berdampak pada peningkatan daya saing masyarakat.

“Agar tidak tumpang tindih, kami sudah melakukan mapping perencanaan kerja Bersama OPD untuk aplikasikan program prioritas,” ujarnya.

Selanjutnya, terdapat tiga OPD Parimo yang menjadi titik utama dari program tersebut, yaitu Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata dan Dinas Kesehatan.

Sedangkan, untuk OPD lainnya menjadi pendukung terlaksanya program prioritas, contohnya Disperindag mengembangankan produk olahan bawang merah dan putih.

Ia menambahkan, pengoptimalan fungsi objek wisata di setiap daerah dapat mendongkrak pendapatan asli daerah, seperti pantai Kayubura, Desa Khatulistiwa dan air terjun Ogomojolo.

“Sedangkan untuk permasalahan seperti fasilitas jalan dan infrastruktur penunjang lainnya menuju lokasi wisata, menjadi lokus DPUPRP Parimo,” tutupnya.

Baca juga: Bappelitbangda Parimo Sosialisasi DAK Tahun Anggaran 2020

Laporan: Muhammad Rafii


SHARE

Tinggalkan Balasan