Bappelitbangda Atur Pengembangan Ekonomi Prioritas Tiga Kecamatan

0
71
Bappelitbangda Atur Pengembangan Ekonomi Prioritas Tiga Kecamatan
Kabid Ekonomi, Bappelitbangda Parimo, Nur Noviyanthi Bandha. (Foto: Rafii)

Parimo, gemasulawesi.com- Badan perencanaan, pembangunan, penelitian dan pengembangan daerah (Bappelitbangda), mengatur pengembangan ekonomi prioritas tiga kecamatan, Kabupaten Parimo.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Ekonomi, Nur Noviyanti Bandha, kepada gemasulawesi.com, di Kantor Bappelitbangda, beberapa waktu lalu.

“Sasarannya, adalah menumbuhkan perekonomian dari semula lima persen pada tahun sebelumnya, hingga mencapai kisaran enam sampai dengan tujuh persen,” ungkapnya.

Caranya, mendongkrak perekonomian melalui pemanfaatan sektor pertanian dan pariwisata.

Ia melanjutkan, pertumbuhan ekonomi membaik, maka target penurunan angka kemiskinan, optimis dapat diraih.

Targetnya, angka persentase kemiskinan Kabupaten Parimo dapat turun mencapai 17 persen secara keseluruhan pada tahun 2020.

“Tiga kecamatan lokus pembangunan tahun 2020 adalah Kecamatan Tinombo, Tinombo Selatan, dan Palasa,” jelasnya.

Alasannya, menurut data dari Pemda dan BPS, tiga kecamatan tersebut memiliki persentase angka kemiskinan masih tinggi di Kabupaten Parigi Moutong.

Sehingga, Pemerintah daerah (Pemda) perlu fokus mengatur arah pembangunan, agar tercapai sasaran pembangunan di tahun 2020.

“Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait telah dimintai saran programnya, untuk lokus pembangunan tahun 2020,” tegasnya.

Misalnya, Dinas Pertanian, Hortikultura, Tanaman Pangan dan Perkebunan dan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Parimo, dimintai lokus perencanaan program komoditas pariwisata dan komoditas berbasis pertanian.

Rencana detailnya, pengembangan komoditas potensi daerah unggulan berupa hasil olahan bawang merah dan bawang putih di Kecamatan Palasa.

Ia menambahkan, potensi pariwisata di tiga kecamatan yang direncanakan diolah dengan maksimal adalah wisata kayubura, desa khatulistiwa dan air terjun ogomojolo.

“Seluruh perencanaan ini, akan dijabarkan ke renja masing-masing OPD, kemudian dibicarakan dengan DPRD Parimo mengenai alokasi anggarannya,” tutupnya.

Baca juga: Bappelitbangda Parimo Gelar Rakor Terkait Program Tahun 2020

Laporan: Kautsar

Tinggalkan Balasan