Rabu, April 21, 2021
BerandaPARIGI MOUTONG2021, Parimo Jatah 47 Penerima Bantuan Rumah Swadaya

2021, Parimo Jatah 47 Penerima Bantuan Rumah Swadaya

Penerima Bantuan Tersebar di Tiga Desa di Tinombo Selatan

- Advertisement -spot_img

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, jatah 47 penerima manfaat bantuan rumah swadaya di tahun anggaran 2021.

“Bantuan ini nantinya akan diberikan kepada 47 orang penerima manfaat yang berada di tiga Desa di Kecamatan Tinombo Selatan,” ungkap Kepala Bidang Perumahan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Amirudin di ruang kerjanya, Kamis 25 Februari 2021.

Rincian tiga desa yang menerima bantuan rumah swadaya di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, diantaranya Maninili Utara sebanyak 15 unit, Poli 16 dan Sinei 16.

Bantuan rumah swadaya itu diberikan warga tidak mampu di Kecamatan Tinombo Selatan.

Baca juga: Puluhan Ribu KK di Sulteng Dapatkan Program BSPS

“Anggarannya untuk bantuan rumah itu berasal dari Dana Alokasi Khusus atau DAK senilai Rp 983 juta,” tuturnya.

Ia mengatakan, untuk satu unit bantuan rumah swadaya anggarannya senilai Rp 20 juta. Namun, dari anggaran itu kemudian dipecah Rp 17,5 juta untuk pembelian bahan. Dan sisanya untuk upah tukang.

Diketahui, pemerintah menyiapkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Hal ini dilakukan sebagai upaya penyediaan rumah yang layak huni bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Adapun syaratnya antara lain, warga Negara Indonesia yang sudah berkeluarga, memiliki atau menguasai tanah dengan bukti kepemilikan yang sah, belum memiliki rumah atau memiliki dan menempati satu-satunya rumah tidak layak huni

Belum pernah memperoleh dana BSPS atau bantuan pemerintah untuk program perumahan lainnya.

Penghasilan kurang atau sama dengan upah minimal provinsi. Bersedia berswadaya membentuk kelompok dengan pernyataan tanggung renteng.

Pemberian BSPS berdasarkan readiness criteria yang diusulkan dari Bupati/Walikota dan Kementerian/Lembaga.

Usulan dilengkapi data jumlah rumah dan lokasi RTLH yang ada di desa/kelurahan. Jumlah data yang diusulkan minimal 20 unit per desa atau  kelurahan dan legalitas tanah calon penerima bantuan tidak dalam sengketa dan sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah.

Untuk meningkatkan kualitas program BSPS, telah diterbitkan Keputusan Menteri PUPR No 158 tahun 2019 yang menaikkan besaran nilai BSPS.

Kenaikan dana BSPS untuk dua kategori yakni Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya (PKRS) dan Pembangunan Rumah Baru Swadaya (PBRS).

Ia menambahkan, Disperkim Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, membuka pendaftaran penerima bantuan rumah swadaya, Senin 1 Maret 2021.

Baca juga: 15 Ribu KK Parigi Moutong Dapat Jatah Bantuan Kemensos

Laporan: Aldi

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -

Must Read

- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Related News

- Advertisement -spot_img