Bantuan Rehabilitasi Gedung Sekolah Terdampak Bencana, Belum Terealisasi

  • Whatsapp
Bantuan Rehabilitasi Sekolah Terdampak Bencana Parigi Moutong Sulawesi Tengah, Belum Terealisasi
Kabid pembinaan SD Disdikbud Parimo, Ince Pina

Parimo, gemasulawesi.com Bantuan rehabilitasi gedung sejumlah sekolah terdampak bencana gempa dan likuifaksi di Parigi Moutong (Parimo) Sulawesi Tengah (Sulteng), hingga saat ini belum terealisasi.

Kepala bidang (Kabid) Sekolah Dasar (SD), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Parigi Moutong Sulawesi Tengah, Ince Pina, mengaku realisasi bantuan rehabilitasi gedung sejumlah sekolah terdampak bencana gempa dan likuifaksi direncanakan terealisasi tahun 2020.

Bacaan Lainnya

“Insyaallah, tahun depan sekolah yang terdampak bencana akan direhab,” ungkapnya, di ruang kerjanya, Selasa, 12 November 2019.

Dia mengatakan, pihaknya sejak lama telah mengajukan data sejumlah gedung sekolah yang membutuhkan rehabilitasi, yang bekerjasama dengan BPBD Parimo.

Dia menuturkan, sejauh ini pihaknya masih terus membangun komunikasi dengan kementrian dan salah satu NGO yang mengaku akan memberikan bantuan rehabilitasi gedung sekolah kepada Parimo.

Baca juga: Sinergitas KONI Parigi Moutong Sulawesi Tengah Dan OPD Majukan Olahraga

“Alhamdulillah, selain dari Kementrian PUPRP nanti, ada juga bantuan dari salah NGO dan itu sudah berkomunikasi dengan kami,” terangnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun sementara kata dia, sebanyak tujuh sekolah akan mendapat bantuan dari NGO itu. Yaitu, SMP dua satap Parigi selatan, SMP satu Parigi Utara. Kemudian, SDN Tiga Kasimbar, SD Inpres Marantale, SDN Toboli, SDN Parigimpu’u, SDN Purwosari.

Ketujuh sekolah itu lanjut dia, telah disurvey tim dari NGO itu, sebanyak tiga kali. Menurutnya, Disdikbud hanya memfasilitasi dan koordinasi dengan NGO terkait data sekolah yang membutuhkan bantuan rehabilitasi.

Sehingga dalam hal penentuan sekolah yang mendapat bantuan, sepenuhnya merupakan kewenangan NGO.

“Waktu saya dihubungi belum lama ini, pihak NGO mengatakan Insyaallah tahun depan dimulai pengerjaannya. Menurut mereka, tinggal design dan tahapan lelangnya. Karena sudah tiga kali mereka kesini, nah yang ketiga kalinya ini sudah dengan konsultannya,” jelasnya.

Baca juga: 223 Formasi Tenaga Pendidikan CPNS Sulawesi Barat 2019

Selain dari NGO, bantuan rahabilitasi gedung sekolah dari Kementrian PUPRP atas usuluan Disdikbud Parimo ke Kementrian Pendidikan sebelumnya, juga mulai menemui titik terang.

Pasalnya, dia menuturkan pihak kementrian PUPRP juga telah menginformasikan, jika pembangunan rehabilitasi sejumlah gedung sekolah terdampak bencana yang diusulkan telah mendapat persetujuan.

“Yang sudah dikunjungi dari PUPRP yaitu, SDN Petapa dan SDN Inpres Binangga, SDN satu Pesona, dan SD Alkhairt Donggulu,” tuturnya.

Dia menambahkan, untuk SD Alkhairat Donggulu bakal dikeluarkan sebagai dalam daftar dikerenakan sekolah itu, telah mendapat bantuan dari APBN-P tahun 2019.

“Yah, tidak apa-apa berkurang kuota kita, dari pada nanti bermasalah,” tandasnya.

Baca juga: Jalankan Program HKP, Pemda Parigi Moutong Sharing APBD 2020

Laporan: Ahmad Nur Hidayat

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Komentar