2Banner GIF 2021

Bantu UMKM, Menteri Erick Thohir Luncurkan E-commerce Warung Pangan

Bantu UMKM, Menteri Erick Thohir Luncurkan E-commerce Warung Pangan
Foto: Menteri Erick Thohir Luncurkan E-commerce Warung Pangan

Gemasulawesi- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meluncurkan aplikasi e-commerce yang khusus menampilkan produk pangan Indonesia. E-commerce itu diinisiasi dan dibuat BUMN klaster pangan ini dinamai Warung Pangan.

Menurut Erick dalam keterangannya, Minggu 19 September 2021 di Jakarta, kehadiran Warung Pangan ini sesuai harapan kKementeriannya yaitu agar BUMN semakin dekat dengan masyarakat, berkonstribusi membangun usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Menurut Erick, dalam menjalankan program Warung Pangan, BUMN klaster pangan juga harus bergotong ryong dengan Himpunan Bank Negara, karena butuh dukungan pendanaan untuk warung pangan itu.

Baca juga: Peran Kementerian BUMN Tangani Covid19 dapat Apresiasi

Warung pangan yang akan dilibatkan skitar 47 ribu. Di Jakarta sudah mencapai 35 ribu, yang mana mereka sudah transisi income online lebih besar dibanding offline.

Menteri Erick mengapresiasi kerja sama dengan swasta dan pemerintah daerah. Erick menegaskan, agar kerja sama BUMN dengan BUMN tidak menjadi menara gading, dan kerja sama dengan swasta dan pemerintah daerah harus saling menguntungkan.

Direktur Utama BGR Logistics, M Kuncoro Wibowo menambahkan, ada lebih dari 47 ribu warung UMKM telah teregister di aplikasi yang terhubung dengan puluhan pemasok/supplier yang terdiri dari pengusaha UMKM, koperasi dan beberapa perusahaan.

Aplikasi Warung Pangan sudah tersebar di tujuh kota yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Surakarta, Yogjakarta, Surabaya dan Pangkal Pinang.

Kata Kuncoro, aplikasi itu juga mempunyai fitur WP Fund yang bekerja sama Bank BRI dan Bank Mandiri untuk membantu permodalan mitra dalam mengembangkan usahanya.

WP Grosir untuk masyarakat yang ingin membeli produk lebih banyak.

Kemudian, WP suplier untuk membantu produsen ataupun supplier lokal menjual produknya di Warung Pangan.

WP Asik yang diperuntukkan bagi UMKM mendapat permodalan melalui TJSL Perusahaan BUMN dan ada juga WP Canvaser serta fitur pendukung lainnya.

Aplikasi WP ini sudah terhubung dengan Bank BRI, Mandiri, BCA, Link Aja, Dana, Hara, Vida, Tanihub dan beberapa startup lainnya yang sedang dikembangkan untuk terhubung dengan beberapa startup pendanaan lain. (****)

Baca juga: PPKM Mikro Kota Palu: Ini Syarat Warung Makan Buka 24 Jam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post