Banjir Kabupaten Poso, Ratusan Rumah Warga Terkena Dampak Banjir

waktu baca 2 menit
(Ilustrasi)

Berita Kabupaten Poso, gemasulawesi – Banjir di Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi tengah, pada Rabu Malam 15 Juni 2022, menyebabkan setidaknya ratusan rumah warga Desa Tangkura terdampak banjir.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah Andi Sembiring, Kamis 16 Juni 2022.

“Hujan deras yang terjadi pada Rabu 15 Juni 2022 sore pukul 16.00 WITA menyebabkan Sungai Moko yang mengalir melalui Desa Tangkura meluap sehingga menyebabkan banjir pada pukul 19.30 WIB,” ucap Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Penanggulangan Bencana Daerah Sulawesi Tengah. (BPBD), Andi Sembiring, Kamis 16 Juni 2022.

Menurut dia, warga yang rumahnya terdampak banjir di Desa Tangkura memilih berdiam diri di rumah hingga banjir surut. Namun, dia meminta warga mewaspadai kemungkinan banjir lagi.

Baca: Angin Puting Beliung Hantam Rumah Warga Maros, Sulawesi Selatan

Ia menjelaskan, kami terus berkoordinasi dengan aparat Pemerintah Desa Tangkura untuk mengantisipasi dampak lebih lanjut akibat banjir yang terjadi.

Dia menekankan pentingnya normalisasi Sungai Moko dan perbaikan saluran air untuk mengurangi risiko banjir di desa itu.

“Kebutuhan mendesak saat ini adalah normalisasi Sungai Moko, pembuatan bronjong di Sungai Moko dan perbaikan saluran air di jalan lintas provinsi di desa,” ucapnya. (*Ikh)

Baca: Abrasi Minahasa Selatan, Pemda Tetapkan Tanggap Darurat 14 Hari

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.