Senin, Mei 17, 2021

Banjir di Touna, Rendam Tiga Desa dan Hanyutkan Empat Rumah

Banjir Setinggi 50 Centimeter hingga Satu Meter

Must read

Berita touna, gemasulawesi– Banjir di Touna, Sulawesi Tengah, rendam tiga desa dan hanyutkan empat rumah.

“Data sementara akibat banjir itu, empat rumah hanyut dan 20 rumah lainnya tergenang,” ungkap Kepala Basarnas Palu, Andrias Hendrik Johannes dalam rilis resmi, Kamis 18 Februari 2021.

Tiga desa terendam banjir di Touna, Sulawesi Tengah adalah Desa Mawomba, Kecamatan Tojo Barat, serta Uekuli dan Tayawa di Kecamatan Tojo.

Ia mengatakan, akibat hujan yang sangat lebat menyebabkan sungai di daerah itu meluap dengan ketinggian air sekitar 50 centimeter hingga satu meter.

Kejadian banjir di Touna itu pertama kali dilaporkan anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Touna, Fadly sekitar pukul 18.00 WITA, kepada Basarnas Palu.

“Kejadian banjir rendam tiga desa itu sekitar pukul 14.00 WITA,” sebutnya.

Baca juga: Banjir Desa Bambalemo Parimo, Jalan Amblas dan Satu Rumah Hanyut

Dari informasi itu, tim Basarnas dari Pos SAR Parigi sebanyak empat personel langsung menuju ke titik banjir di Touna, pukul 18.30 WITA, Kamis 18 Februari 2021.

Ia mengatakan, Tim SAR yang diturunkan ke lokasi banjir di Tojo una-una, Sulawesi Tengah, diperkirakan sampai sekitar pukul 22.30 WITA.

Terkait cuaca, diketahui BMKG telah mengeluarkan informasi cuaca pada Februari 2021 Dasarian II. Umumnya diprakirakan curah hujan berada dikriteria rendah hingga menengah (0–150 mm/dasarian).

Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori menengah (50–150 mm/dasarian) berada di sebagian besar Sumatera, sebagian besar Kalimantan, sebagian besar Jawa, Bali, Nusa Tenggara, sebagian besar Sulawesi, Malut dan Maluku, sebagian besar Papbar dan Papua.

Wilayah yang diprakirakan mengalami hujan kategori rendah (kurang dari 50 mm/dasarian) berada di sebagian kecil Aceh, Sumut, Riau, dan Bangka Belitung, P. Kalimantan bagian barat, sebagian kecil Sulawesi.

Sementara terkait perkembangan musim, berdasarkan jumlah ZOM, 95.61% wilayah Indonesia sudah masuk musim hujan. Wilayah yang sedang mengalami musim hujan meliputi Pulau Sumatera, Pulau Bangka, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Pulau Kalimantan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan bagian barat, sebagian Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, sebagian besar Maluku, Papua Barat dan Papua.

Ia menambahkan, saat ini belum bisa dipastikan jika ada korban jiwa pada saat terjadinya musibah banjir di Touna.

Baca juga: Polisi Lacak Jaringan Curanmor Poso

Laporan: Muhammad Rafii

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest article