Banjir di Morowali, Sulawesi Tengah Ratusan Warga Terpaksa Mengungsi

waktu baca 2 menit
Ilustrasi

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Banjir melanda Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah, pada Senin 27 Juni 2022, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) melaporkan ratusan warga terpaksa mengungsi.

Hal itu diungkapkan Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

“Banjir terjadi di Desa Fatufia dan Bahomakmur di Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali dengan ketinggian air berkisar 10 hingga 30 sentimeter. Sedikitnya 500 (KK) keluarga terkena dampak, terpaksa 350 orang mengungsi,” ucap Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, mengatakan dalam keterangan tertulis Selasa 28 Juni 2022.

Dia menambahkan warga mengungsi ke rumah kerabat dan sanak saudara yang tidak terkena dampak. Selain itu, pihaknya mengaku upaya penanganan darurat sedang dilakukan berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait. Petugas juga melakukan pendataan dan monitoring untuk mendapatkan informasi terkini dari lapangan.

Baca: Pelaku Perkosa dan Pembunuhan Siswi SMP di Langkat Diringkus Polisi

Sebelumnya, besok 29 Juni 2022 Badan Meteorologi dan Klimatologi (BMKG) mengeluarkan informasi peringatan dini untuk wilayah Sulawesi Tengah yaitu potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada malam dan dini hari di daerah perkotaan dari Palu. Sigi, Donggala, Parigi Moutong, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Kepulauan Banggai.

“Mengacu pada informasi tersebut, BNPB menghimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaannya,” katanya.

Dia menambahkan, peningkatan penyebaran informasi melalui grup WhatsApp dan jaringan radio lokal dapat terjadi meski hujan turun lebih dari satu jam. Pemerintah daerah dapat memberikan informasi peringatan dini kepada masyarakat sehingga dapat mempersiapkan upaya evakuasi mandiri. (*/Ikh)

Baca: Ajang Olimpiade Sains Nasional Tingkat SMP di Parigi Moutong

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.