fbpx

Ribuan Rumah Warga Kabupaten Majene Sulawesi Barat Terendam Banjir

waktu baca 2 menit
(Foto Istimewa)

Sulawesi Barat, gemasulawesi – Ribuan rumah warga di Sembilan desa dan satu kelurahan di tiga kecamatan Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, terendam banjir berdasarkan laporan dari pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Hal tersebut dilaporkan oleh Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majene Ilhamsyah pada Jumat 27 Mei 2022.

“Hingga sore ini masih ada beberapa wilayah yang terkena banjir dan longsor,” ucap Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majene Ilhamsyah, Provinsi Sulawesi Barat, Jumat 27 Mei 2022.

Ia menjelaskan, banjir dan longsor terjadi di desa Maliaya, Mekkatta, Lombong, Lombong Timur, Bambangan dan Kayu Angin serta desa Malunda di kabupaten Malunda Desa Tubo Poang di Kecamatan Tubo dan desa Tammeroddo di sebelah utara dan Seppong di Kecamatan Tameroddo.

Baca: PT Poso Energy Tuntaskan Pembayaran Kompensasi Akhir Mei 2022

Ia juga mengatakan, bencana banjir tersebut menyebabkan rumah dan fasilitas umum terendam, merusak beberapa rumah dan jembatan serta menghanyutkan ternak sejumlah warga.

Menurutnya, banjir tersebut merusak enam rumah dan saluran air minum di Desa Kayu Angin serta menyebabkan terputusnya jembatan di Desa Bambagan.

Curah hujan dengan intensitas tinggi yang melanda di sejumlah wilayah di Kabupaten Majene pada Kamis 26 Mei 2022 memicu tidak hanya banjir tetapi juga tanah longsor.

Ia mengatakan, banjir dan tanah longsor menyebabkan jalan penghubung kedua desa tersekat akibat longsor hingga membuat 86 keluarga mengungsi ke desa Bambangan.

Ilhamsyah mengatakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan desa/Kelurahan untuk menangani dampak banjir di sembilan desa dan satu Kelurahan. (*)

Baca: Pemkot Palu Bahas Proses Pemulihan Pasca Bencana di Forum GPDRR

Kunjungi Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.