Banjir di Desa Olu Kabupaten Sigi Akibat Luapan Sungai Lambosa

waktu baca 2 menit
(Ilustrasi Foto)

Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Banjir di Desa Olu yang diakibatkan dari Luapan Sungai Lambosa, Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), pada Jumat 27 Mei 2022.

Hal tersebut berdasarkan laporan dari Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah Andi Sembiri, pada hari Jumat 27 Mei 2022.

“Hujan deras yang terjadi pada pukul 00.00 hingga 02.00 WITA menyebabkan Sungai Lombosa meluap di Desa Olu, hingga beberapa pemukiman warga terendam banjir,” ucap Andi Sembiring pada hari Jumat, 27 Mei 2022.

Selain ada lima rumah yang terdampak, Andi juga mengatakan, gedung perkantoran di Desa Olu juga terendam banjir hingga ketinggian sekitar 50 sentimeter.

Baca: Kabar Mengejutkan Putra Sulung Ridwan Kamil Dikabarkan Hilang

Andi Sembiring mengatakan, Sejauh ini tidak ada korban jiwa dan warga yang terkena dampak memilih tetap di rumah meski rumahnya terendam banjir.

Ia menjelaskan, saat ini sangat mendesak untuk melakukan normalisasi sungai agar tidak terus meluap dan membangun bronjong agar sungai bisa menyerap semua air jika hujan lagi.

Ia mengatakan, BPBD Provinsi Sulawesi Tengah dan BPBD Kabupaten Sigi masih melakukan pendataan infrastruktur, serta sarana dan prasarana yang terdampak banjir.

Andi Sembiring juga mengimbau ke warga Desa Olu untuk tetap waspada dan selalu siap mengantisipasi bencana serupa yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Sejauh ini dilaporkan tidak ada korban jiwa. Kami terus berkoordinasi dengan BPBD Sigi untuk mengantisipasi dampak yang lebih besar akibat banjir yang terjadi,” jelasnya. (*)

Baca: Ribuan Rumah Warga Kabupaten Majene Sulawesi Barat Terendam Banjir

Kunjungi Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.