Banjir Bandang Rusak 103 Hektar Tambak di Parigi Moutong

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Kondisi Torue Paska banjir Bandang Kecamatan Torue Parigi Moutong. (Foto/Istimewa)

Berita Parigi moutong, gemasulawesi – Selain menelan korban jiwa dan merusak rumah warga di Kecamatan Torue Kabupaten Parigi moutong, Banjir bandang juga merusak 103 hektar tambak milik warga.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala dinas kelautan dan perikanan Parigi moutong, Moh Nasir yang ditemui media ini Sabtu, 30 Juli 2022.

“Sektor perikanan juga terdampak dengan banjir bandang ini, khususnya merusak tambak udang dan ikan bandeng yang siap panen. Selain tambak terendam lumpur, kediaman mereka juga rusak disapu air bah,” tuturnya.

Ia menjelaskan, pemerintah melalui dinas terkait tentunya akan memberikan perhatian terkait persoalan ini secara serius.

Saat ini kata dia, pihaknya sedang melakukan pendataan agar bisa mengetahui sejauh apa dampak banjir bandang terhadap sektor perikanan.

Baca: Banjir Bandang Torue Parigi Moutong, Puluhan Korban Meninggal

“Hasil assessment itu nantinya akan menjadi dasar atau acuan kami dalam membuat laporan kepada Pemerintah Sulawesi tengah maupun Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Dengan data itu kita juga berharap jika ada bantuan bias tepat sasaran,” terangnya.

Terkait dengan status darurat saat ini pihaknya belum bias melakukan normalisasi tambak, karena pemerintah saat ini masih memfokuskan pada pemenuhan kebutuhan dasar korban banjir bandang di Torue Kabupaten Parigi moutong.

Baca: Pemda Parigi Moutong Gelar Rapat Tanggap Darurat Banjir

Berdasarkan hasil koordinasi pihaknya dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng, pemulihan pada sektor perikanan di daerah terdampak akan dibantu.

“Kita melakukan koordinasi karena disini kita memiliki anggaran terbatas, kolaborasi dengan pihak Dinas Kelautan dan perikanan Provinsi Sulteng adalah opsi paling tepat kita lakukan mempercepat pemulihan sector perikanan yang terdampak,” ungkapnya. (fan)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Baca: Banjir Bandang Parigi Moutong, Tiga Meninggal dan Empat Hilang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.