Banggai Terapkan PPDB Sistem Zonasi

Banggai Terapkan PPDB Sistem Zonasi
Foto: Illustrasi PPDB sistem zonasi.
Jangan Lupa Share

Berita sulawesi tengah, gemasulawesi– Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, terapkan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB sistem zonasi dan prestasi.

“Masa pandemi, sekolah-sekolah menyiasati pendaftaran secara daring dan luring,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai, Nurdajalal, di Banggai, Jumat 25 Juni 2021.

Tujuan PPDB sistem zonasi secara daring, untuk menghindari kerumunan dan memudahkan calon siswa, sehingga tidak ada alasan untuk tidak bersekolah.

Ia mengatakan, PPDB sistem zonasi dan prestasi untuk penerimaan di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Zonasi itu berdekatan dengan sekolah dan rumah,” sebutnya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banggai membuka layanan pengaduan terkait masa pendaftaran dan pembelajaran. Orangtua siswa bisa datang melaporkan sistem pelayanan di sekolah-sekolah.

Ia meminta kepada para guru tak lelah memberikan pelajaran kepada para murid. Sementara kepada orangtua, ia meminta agar terdapat kerja sama dengan tenaga pengajar.

“Saya imbau kepada orangtua agar lebih proaktif,” tuturnya.

Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021. Isinya tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Taman Kakak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Baca juga: Ujian Nasional Parigi Moutong Ditiadakan

Secara khusus bagi orangtua yang memiliki anak dan mau masuk SD kelas 1 TA 2021/2022, maka harus paham mekanisme PPDB 2021.

PPDB sistem zonasi diperuntukkan bagi calon siswa baru yang berdomisili di wilayah ditetapkan Pemda.

Baca juga: Disdikbud Minta Mekanisme PPDB Hindari Tatap Muka

Berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat satu tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB, atau dengan surat keterangan domisili.

Calon siswa hanya dapat memilih satu jalur pendaftaran PPDB sistem zonasi dalam satu wilayah.

Baca juga: PPDB Sistem Zonasi Berpolemik, Kemendikbud Ubah Aturan

Peserta didik dapat melakukan pendaftaran PPDB di luar wilayah zonasi domisili melalui jalur afirmasi atau prestasi sepanjang memenuhi persyaratan.

Diprioritaskan bagi peserta didik yang memiliki kartu keluarga atau surat keterangan domisili dalam 1 wilayah kabupaten atau kota yang sama dengan sekolah asal.

Baca juga: Disdikpora Kabupaten Mamuju Sudah Terapkan Sistem Zonasi

Laporan: Ahmad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post