Minggu, Mei 16, 2021

Polisi Amankan Lima Pemuda karena Ikut Balap Liar di Toili

Must read

Berita banggai, gemasulawesi– Polsek amankan lima pemuda karena melakukan aksi balap liar di Toili, Banggai, Sulawesi Tengah.

“Mereka akan melakukan aksi balapan liar di Jalan Depan Gudang Dolog, Desa Jayakencana, Toili,” ungkap Kapolsek Toili AKP Candra, di Toili Banggai, Sabtu malam 6 Februari 2021.

Ia mengatakan, lima pemuda yang diamankan karena ikut balap liar di Toili, Banggai, Sulawesi Tengah, diantaranya berinisial RS (16), TS (15), RS (18), AS (18) dan SH (18).

Lima pemuda ikut balap liar di Toili, Banggai, Sulawesi Tengah, diamankan berawal dari laporan pengguna jalan yang resah atas aksi itu. Dari laporan itu, petugas melakukan pengintaian di sekitar lokasi.

Baca juga: Polisi Tangkap Satu Warga Toili Sulteng Pelaku Penggelapan

“Mereka diamankan bersama sepeda motornya. Ini sangat berbahaya bagi diri sendiri dan pengguna jalan lain,” tuturnya.

Selanjutnya, lima pemuda itu kemudian diberikan hukuman berupa sikap push up dan hormat bendera, karena tidak mematuhi protokol kesehatan tidak menggunakan masker.

Dan untuk seluruh kendaraan pemuda ikut balap liar di Toili, Banggai, Sulawesi Tengah, Polisi akan bebaskan jika telah melengkapi komponen dan surat-surat kendaraannya.

“Kami mohon bantuan dari para orang tua untuk mengawasi anak-anaknya. Ini demi keselamatan mereka,” tuturnya.

Diketahui, perbuatan balap lari liar yang menggunakan jalan dan mengakibatkan terganggunya fungsi jalan bisa dikenakan Pasal 12 Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

UU itu berbunyi, setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang manfaat jalan. Ruang manfaat jalan meliputi badan jalan, saluran tepi jalan, dan ambang pengamannya.

Setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang milik jalan. Sedangkan ruang milik jalan meliputi ruang manfaat jalan dan sejalur tanah tertentu di luar ruang manfaat jalan.

Setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang pengawasan jalan. Adapun ruang pengawasan jalan adalah ruang tertentu di luar ruang milik jalan yang ada di bawah pengawasan penyelenggara jalan.

Polsek Toili, Banggai, Sulawesi Tengah, mengimbau para orang tua agar mengawasi pergaulan anak saat berada di luar rumah.

Serta, tidak mengizinkan membawa kendaraan jika belum memilik Surat Izin Mengemudi (SIM), apalagi ikut balap liar di Toili, Banggai, Sulawesi Tengah.

Baca juga: Polisi Tangkap Pemuda Sigi Kasus Penggelapan Mobil

Laporan: Rahmat

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest article