Awasi Pengelolaan Dana Desa, DPMD Berbagi Tugas

0
235
Awasi Pengelolaan Dana Desa, DPMD Berbagi Tugas
Rapat Pansus LHP BPK bersama sejumlah OPD (Foto: Rafii)

Parimo, gemasulawesi.comAwasi pengelolaan Dana Desa secara internal, DPMD Kabupaten Parimo, Provinsi Sulteng berbagi tugas dengan Pemerintah Kecamatan.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Abdul Yakob, dalam rapat Pansus LHP BPK beberapa waktu lalu.

“Sudah beberapa tahun terakhir DPMD membagi tugas bersama Pemerintah Kecamatan, untuk mengawasi Pemerintahan Desa,” ungkapnya.

Menjawab sejumlah pertanyaan Anleg DPRD Parimo, Abdul Yakob, mengatakan, selama ini pihaknya tidak akan mencairkan anggaran dana desa tanpa rekomendasi dari Camat.

Pasalnya, dengan jangkauan wilayah yang luas serta keterbatasan tenaga dan anggaran DPMD, maka peran Camat sangatlah vital.

Camat tentunya sangat mengenal wilayahnya serta bisa langsung mengawal dan awasi langsung pengelolaan dana desa.

“Kami mengklaim pengelolaan dana desa di Parimo secara umum bisa dikatakan baik, walaupun ada beberapa desa yang diindikasikan bermasalah,” tuturnya.

Pihaknya menerima masukan dari Anleg DPRD Parimo terhadap hasil pengerjaan fisik bersumber dari Dana Desa di beberapa desa yang berada di bawah standar.

Koordinasi dengan Inspektorat Parimo selaku pengawas internal akan ditingkatkan agar tidak terjadi pengulangan masalah serupa.

Menanggapi pernyataan DPMD dan Pansus LHP BPK, Auditor Muda Inspektorat Parimo, Indarti, mengungkapkan ada beberapa temuan Inspektorat dari pengelolaan Dana Desa.

“Walaupun detail datanya belum dilampirkan ke DPRD Parimo, tetapi kami telah laporkan langsung kepada Bupati Parimo,” jelas Indarti.

Ia melanjutkan, Inspektorat memiliki keterbatasan anggaran pengawasan pengelolaan dana desa di seluruh wilayah Parimo.

Untuk sementara ini, Inspektorat Parimo melaksanakan pengawasan dengan metode sampling dari beberapa desa.

Pihaknya meminta penambahan anggaran yang ideal untuk mengawasi dana desa secara regular dan menyeluruh pada tahun mendatang.

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan