Atasi Sampah, Kelurahan Kampal Adakan Tong Sampah Daur Ulang

Atasi Sampah, Kelurahan Kampal Adakan Tong Sampah Daur Ulang
Lurah Kampal, Basir (Foto: Aqil)

Parimo, gemasulawesi.com Atasi sampah, Pemerintah Kelurahan Kampal, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulteng adakan tong sampah daur ulang ban bekas.

Hal tersebut diungkapkan, Lurah Kampal, Basir, kepada gemasulawesi.com, usai kegiatan penyuluhan warga di Kantor Kelurahan Kampal, Selasa, 23 Juli 2019. Ia mengatakan, sebanyak 133 tong sampah yang akan dibagikan untuk atasi sampah.

Read More

“Kita tidak fokus satu tempat, kita akan sebarkan dan memasang disetiap rumah tangga warga. Ditempatkan untuk kebutuhan produksi sampahnya besar dan jumlah penduduknya padat,” tuturnya.

Selain itu kata dia, tong sampah juga akan ditempatkan di dalam pasar. Dan beberapa ditempatkan di perumahan BTN yang jumlah penduduknya sangat padat.

Berdasarkan hasil rapat dengan warga, untuk kategori orang yang mampu seperti pengusaha dan pegawai tidak diprioritaskan untuk mendapatkan pengadaan tong sampah tersebut.

“Pengadaan ini kita peruntukan pada orang yang tidak dikategorikan mampu. Jadi bagi yang mampu akan mengadakan sendiri kita hanya bisa membantu dengan memfasilitasi saja,” jelasnya.

Tujuan pengadaan tong sampah ini sebagai tempat penampungan sampah mereka. Tempat penampungan sampah sudah dipilah dari sampah basah dan sampah kering. Tujuan pemisahan sampah kering atau plastic agar dapat didaur ulang.

Kemudian, pengadaan tong sampah daur ulang ban bekas, berasal dari luar daerah. Nantinya, tong sampah akan diletakkan di depan rumah warga dan diupayakan tidak mengganggu pengendara bermotor.

“Kami akan memberdayakan warga Kampal untuk memungut, memisah, dan menimbang sampah. Sehingga kebersihan lingkungan Kelurahan Kampal dapat tercipta,” tutupnya.

Laporan: Aqil Azizi

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.