Atasi PMK, 2.634 Hewan Ternak di Sulawesi Selatan Divaksinasi

waktu baca 2 menit
satgas cek kesehatan ternak sapi (Ilustrasi Gambar)

Berita Kesehatan, gemasulawesi – Atasi wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada hewan ternak, Dinas Peternakan dan kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan, mencatat 2.634 hewan ternak di daerah itu telah di vaksinasi.

Ribuan hewan ternak tersebut berasal dari lima kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan, yakni Kabupaten Bone, Toraja Utara, Makassar, Jeneponto, dan Bantaeng.

“Hewan ternak yang paling banyak divaksinasi sejauh ini ada di Kabupaten Bone sebanyak 1.918 ekor, kemudian di Kabupaten Bantaeng (428 ekor), Toraja Utara (189 ekor), Jeneponto (70 ekor) dan Makassar hingga 29 ekor,” ucap Kadis DPKH Sulawesi Selatan Nurlina di Makassar, Sabtu 23 Juli 2022.

Sedangkan dua daerah lainnya, yakni Takalar dan Enrekang, masih dalam proses pengiriman vaksinasi ke daerahnya masing-masing, ujarnya. Dinas juga terus berupaya mempercepat proses vaksinasi ternak sapi agar penyebaran wabah dapat atasi wabah PMK.

Baca: Resep Ketoprak Cirebon Lezat, Mudah, dan Murah

Selain percepatan vaksinasi, Pemprov Sulawesi Selatan bersama 15 kabupaten dan kota juga telah membentuk satgas penanganan dan pencegahan penyebaran penyakit kaki dan kuku (PMK) yang menginfeksi hewan ternak di beberapa daerah.

Puluhan daerah yang telah membentuk Satgas PMK adalah Kabupaten Pinrang, Tana Toraja, Toraja Utara, Pangkep, Jeneponto, Bone masing-masing Kabupaten Luwu Timur (Satgas Intern Negeri), Wajo (Satgas Intern Dinas), Enrekang (Tim Kewaspadaan PMK) dan Soppeng (Posko Kewaspadaan PMK Dinas Peternakan). (*/Ikh)

Baca: Puluhan Napi Anak di Sulawesi Tenggara Dapat Remisi

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.