fbpx

Asrama Haji Kota Palu Jadi Tempat Rawat OTG dan ODP Corona

waktu baca 2 menit
Wali kota Palu didampingi Kadis Kesehatan Kota Palu dr. Husaema dan Plt Direktur Anutapura Palu, drg. Hery Mulyadi berkunjung ke Asrama Haji Kota Palu, Sabtu 19 April 2020. Foto/ Humas dan Protokol Setda kota Palu.

Berita kota palu, gemasulawesi.comAsrama Haji Kota Palu Sulawesi Tengah (Sulteng) menjadi tempat merawat OTG dan ODP virus corona.

“Ini kita persiapkan supaya warga yang berstatus OTG dan ODP virus corona sebaiknya dirawat,” ungkap Walikota Palu, Drs. Hidayat, M.Si, saat mengecek persiapan Pondok Perawatan OTG dan ODP di Asrama Haji Kota Palu, Sabtu, 18 April 2020.

Karena kalau OTG dan ODP virus corona kata dia, hanya dianjurkan isolasi mandiri. Pihaknya khawatir kalau mereka positif, pasti sudah kontak dengan keluarganya.

Kemudian, keluarganya kontak lagi dengan orang lain. Semoga OTG dan ODP di Kota Palu Sulteng tidak ada yang positif.

Ada sebanyak 36 ruangan disiapkan di lokasi itu. Ruangan itu dilengkapi sarana prasarana umum seperti satu set tempat tidur khusus, dispenser, kipas angin, dan kamar mandi masing-masing.

“Pendirian Pondok Perawatan ini sebagai upaya menjaga kemungkinan-kemungkinan terburuk dari OTG dan ODP, karena mereka belum pasti positif virus corona atau tidak,” jelasnya.

Baca juga: Rumah Sakit Umum Anutapura Kota Palu Sulteng Dapat Bantuan APD

Ia mengatakan setiap OTG dan ODP virus corona yang masuk Pondok Perawatan, keluarganya akan dijamin berupa pemberian sembako maupun bahan makanan lainnya selama orang yang bersangkutan dirawat.

Pihaknya lanjut dia, juga akan memberi makan OTG dan ODP virus corona sesuai standar kesehatan melalui RSU Anutapura yang mengetahui asupan gizinya.

Lebih lanjut, Wali kota juga mengatakan pihaknya terus berupaya mencari lagi gedung-gedung yang dapat dijadikan ruangan Pondok Perawatan OTG dan ODP.

“Untuk saat ini, selain Asrama Haji, lokasi Pondok Perawatan yang juga dipersiapkan adalah Rusunawa yang ada di kelurahan Pantoloan,” tuturnya.

Ia melanjutkan, tadi juga ada tawaran Rusunawa IAIN. Pihaknya, berharap semua bantuan fasilitas swasta ataupun fasilitas pemerintahan.

Kalau ada ruangan yang bisa dijadikan ruang Pondok Perawatan OTG dan ODP virus corona. Semua fasilitas akan Pemkot tanggung.

Wali kota Palu didampingi Kadis Kesehatan Kota Palu dr. Husaema dan Plt Direktur Anutapura Palu, drg. Hery Mulyadi berkunjung ke Asrama Haji Kota Palu.

Baca juga: Dua Tambahan Positif Corona Sulawesi Tengah, Asal Kota Palu dan Buol

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.