Selasa, Mei 18, 2021

Aparat Ciduk Pria Kerap Transaksi Sabu di Bungin, Banggai

Must read

Berita sulawesi tengah, gemasulawesi– Aparat ciduk pria kerap transaksi sabu di Bungin, Banggai, Sulawesi Tengah.

“Penangkapan pelaku berinisial DG alias D (20) bermula dari laporan dari warga,” ungkap Kasat Narkoba Polres Banggai, Iptu Makmur, Sabtu 24 April 2021.

Ia mengatakan, berbekal laporan warga polisi langsung mencari informasi keberadaan pelaku transaksi sabu di Bungin, Banggai, Sulawesi Tengah.

Tak berselang lama kata dia, keberadaan pelaku transaksi sabu di Bungin berhasil diketahui. Petugas bergegas menuju ke TKP tepatnya di Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Luwuk.

“Tiba di TKP, kami langsung tangkap pelaku. Beserta barang bukti berupa narkoba jenis sabu seberat 0,18 gram berhasil disita,” sebutnya.

Saat penggeledahan, barang bukti sabu sudah dibungkus tisu dan disembunyikan dalam saku celana pelaku transaksi sabu di Bungin. Hal itu untuk mengelabui petugas.

Setelah diamankan, pelaku dan barang buktinya digelandang menuju ke Mapolres Banggai.

Berikut penjelasan Undang-Undang terkait penyalahgunaan Narkotika.

Pasal 114 UU Narkotika

Untuk Narkotika Golongan I, pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat lima tahun. Dan paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit satu miliar rupiah dan paling banyak sepuluh miliar rupiah.

Baca juga: Polisi Bekuk Pria Sedang Transaksi Narkoba di Banggai

Pasal 119 UU Narkotika

Untuk Narkotika Golongan II, pidana penjara paling singkat empat tahun dan paling lama dua belas tahun. Dan pidana denda paling sedikit delapan ratus juta rupiah dan paling banyak delapan miliar rupiah.

Pasal 124 UU Narkotika

Untuk Narkotika Golongan III, pidana penjara paling singkat tiga tahun dan paling lama sepuluh tahun. Dan pidana denda paling sedikit enam ratus juta rupiah dan paling banyak lima miliar rupiah.

Dalam hal perbuatan menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika Golongan III beratnya melebihi lima gram. Pelaku dipidana dengan pidana penjara paling singkat lima tahun dan paling lama lima belas tahun dan pidana denda maksimum ditambah sepertiga.

Ia menambahkan, pelaku transaksi sabu di Bungin akan diproses lebih lanjut untuk pengembangan kasus.

Baca juga: Adik Pj Walikota Palu Pasha Terciduk, BNN Amankan 15 Paket Sabu

Laporan: Ahmad

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest article