Apa Dampak Kafein Terhadap Tubuh?

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Ilustrasi

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Beberapa orang tidak bisa melewati hari tanpa kopi. Selain menangkal kantuk, minuman berkafein ini konon bisa memberikan dampak meningkatkan stamina.
Jadi berapa lama kafein dalam kopi dapat membuat mata Anda tetap terjaga? Kafein umumnya memiliki efek empat hingga enam jam untuk membuat tubuh lebih tahan, termasuk mata yang tetap melek. Di dalam tubuh, kafein membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk dicerna, yang berarti Anda akan merasakan efek kafein setidaknya selama 6 jam setelah mengonsumsi kopi. Akan lebih baik menikmati kopi sebelum pukul 3 sore agar tidak berimbas pada jam tidur anda. Mengkonsumsi kopi setelah jam 3 sore seperti mempersiapkan mata untuk tetap terjaga hingga larut malam.

Baca: Berikut Desain Pagar Tembok Rumah Minimalis Modern Trending di TikTok

Seseorang yang mengkonsumsi 40 mg kafein akan memiliki 20 mg kafein yang tersisa dalam sistem setelah 5 jam. Kelebihan kafein inilah yang bisa bertahan lama di dalam tubuh, meski tidak berdampak di siang hari. Kafein dalam darah mencapai puncaknya setelah 1545 menit dikonsumsi. Efek ini secara bertahap akan berkurang seiring waktu.
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine, minum espresso ganda secara alami memperpendek siklus tidur satu jam. Minum kopi memang bisa memperpanjang literasi mata, namun konsumsi berlebihan tidak dianjurkan.Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minum kopi terlalu banyak melemahkan dan melelahkan tubuh: bagi sebagian orang, kopi efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi bagi yang lain menyebabkan masalah kesehatan karena kondisi setiap orang berbeda.
Pada orang yang rentan, kafein dalam kopi memiliki efek negatif seperti sakit kepala, insomnia, kecemasan, dan sakit perut. Kopi juga bersifat diuretik, sehingga sering menyebabkan dehidrasi, meskipun dehidrasi ini sebenarnya ringan dan tidak berbahaya.

Baca: Berikut Fakta Air Zamzam Yang Wajib Kamu Ketahui

Kopi sebenarnya merupakan minuman yang aman untuk diminum, asalkan jumlahnya tidak berlebihan.Secara umum batas aman konsumsi kopi pada orang dewasa adalah sekitar 4 cangkir per hari atau setara dengan 400 mg kafein per hari.Konsumsi kopi yang berlebihan juga dapat berdampak buruk seperti detak jantung yang cepat, insomnia dan sakit kepala. Selain menangkal kantuk, minuman berkafein ini juga dikatakan dapat meningkatkan stamina.Jadi berapa lama kafein dalam kopi bisa membuat mata Anda tetap terjaga?
Kafein biasanya memiliki efek sekitar empat hingga enam jam agar tubuh lebih tahan, termasuk mata yang tetap melek.
Artinya, Anda akan merasakan efek kafein setidaknya selama 6 jam setelah mengonsumsi kopi. Jika Anda tidak ingin jadwal tidur Anda terganggu, sebaiknya minum kopi sebelum jam 3 sore.Mengkonsumsi kopi setelah jam 3 sore seperti mempersiapkan mata untuk melek hingga larut malam.

Baca: Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Kelebihan kafein inilah yang kemudian bisa bertahan lama di dalam tubuh, meski tidak berpengaruh di siang hari.
Kafein dalam darah mencapai puncaknya setelah 15 hingga 45 menit konsumsi.Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicine, minum espresso ganda secara alami akan mengurangi siklus tidur Anda satu jam. Minum kopi memang bisa memperpanjang literasi mata namun tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya secara berlebihan.
Beberapa penelitian juga menemukan bahwa minum kopi terlalu banyak melemahkan dan melelahkan tubuh. Bagi sebagian orang, kopi efektif untuk meningkatkan stamina, namun bagi sebagian orang lain akan menimbulkan masalah kesehatan karena kondisi setiap orang berbeda-beda.
Pada orang yang sensitif, kafein dalam kopi justru memiliki efek negatif seperti sakit kepala, insomnia, kecemasan, dan sakit perut.Kopi juga bersifat diuretik, sehingga sering menyebabkan dehidrasi, meskipun dehidrasi ini sebenarnya ringan dan tidak berbahaya.
Kopi sebenarnya adalah minuman yang aman, asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Secara umum, batas aman konsumsi kopi orang dewasa adalah sekitar 4 cangkir per hari atau setara dengan 400 mg kafein per hari.
Konsumsi kopi yang berlebihan juga dapat memiliki efek negatif seperti detak jantung yang cepat, insomnia dan sakit kepala. (*)

Baca: Ini 8 Alasan Bisa Membatalkan Puasa Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.