2Banner GIF 2021

Antisipasi Ilegal Fishing, Sat Polairud Polres Parigi Moutong Bentuk Pokmaswas

Antisipasi Ilegal Fishing, Sat Polairud Polres Parigi Moutong Bentuk Pokmaswas
Foto: Kasat Polairud Polres Parimo, AKP Sunarto. Antisipasi Ilegal Fishing, Sat Polairud Polres Parigi Moutong Bentuk Pokmaswas.

Gemasulawesi– Satuan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polres dan TNI Angkatan Laut Parigi Moutong, Sulawesi Tengah membentuk Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) untuk ikut menjaga laut.

“Pokmaswas dibentuk sebagai perpanajngan tangan Polairud Polres Parigi Moutong untuk mengawasi dan menjaga laut,” ungkap Kasat Polairud Polres Parimo, AKP Sunarto, dilokasi Wisata Pantai Karosondaya Desa Sausu Tambu Kecamatan Sausu, Kamis 14 Oktober 2021. 

Kegiatan itu bertema, Satu Laut Berjuta Manfaat ini, atas inisiatif Sat Polairud Polres Parigi Moutong bersama TNI AL setempat. 

Baca juga: KKP Amankan 130 Kapal Asing Ilegal Fishing di Indonesia

Sunarto mengatakan, salah satu tugas dan peran Pokmaswas, sebagai bagaian dari sistem pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan secara keseluruhan.

“Sambil membantu untuk melakukan pengawasan di wilayah laut terhadap oknum-oknum tindak pidana baik ilegal fishing, racun, bius maupun penangkapan hewan-hewan yang dilindungi di laut,” jelasnya.

Baca juga: Pemerintah Didesak Lindungi ABK WNI di Kapal Asing

Sejauh ini kata dia, pihaknya intens melakukan patroli dan pengawasan di perairan pantai dan laut Parigi Moutong. Sehingga, tidak lagi terjadi ilegal fishing yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab seperti sebelumnya.

“Kalau duly memang rawan terjadi ilegal fishing disini. Tapi dengan intensnya kami melakukan patroli secara terpadu dan berkesinambungan. Alhamdulilah itu sudah berkurang,” kata dia.

Baca juga: Kapal Ikan Asing Asal Malaysia Berhasil Ditangkap

Dia berharap, dengan terbentuknya Pokmaswas ini dapat membantu pihaknya dalam melakukan pengawasan di laut.

“Jadi ketika Pokmaswas menemukan pelaku ilegal fishing di wilayah ini, mereka menghubungi kami dan kami langsung melakukan penindakan,” ucapnya.

Baca juga: Polairud Parimo Belum Bisa Tangkap Pelaku Pengeboman Ikan

Kelompok itu kata dia, juga diharapkan mampu menjaga perairan pantai dan laut Parigi Moutong. Kemudian, untuk memperketat pengawasan di wilayah laut, kedepan pihaknya akan kembali membentuk Pokmaswas disetiap desa di pesisir pantai di Kabupaten Parigi Moutong.

“Jadi harapan kami semua desa yang berada di pesisir pantai bisa dibentuk Pokmaswas,” tutupnya. (***)

Baca juga: Edarkan Sabu di Kapal, Dua Warga Morowali Ditangkap Polairud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post