Antisipasi Bencana Alam, BPBD Palu Tinjau Lokasi Buat Gudang Logisitik

waktu baca 2 menit
warga yang menerima bantuan terdampak bencana (Ilustrasi Gambar)

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Antisipasi bencana Alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, Sulawesi tengah, tinjau lokasi yang direncanakan untuk membuat gudang logistik di daerah itu.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Palu, Bambang di Palu, Kamis, 07 Juli 2022.

“Studi ini bertujuan untuk memastikan lahan ditetapkan sebagai lokasi logistik yang aman dan antisipasi bencana alam, dalam arti tidak masuk ke jalur patahan dan tidak rawan banjir,” ucap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Palu Bambang di Palu, Kamis 07 Juli 2022.

Dijelaskannya, pembangunan gudang logistik dimulai tahun ini, serta kebijakan Walikota Palu untuk merespon bencana dahsyat yang melanda Palu, Donggala, Sigi dan sebagian kecamatan Parigi Moutong yang saat itu Pemerintah kesulitan dalam pendistribusian kebutuhan masyarakat.

Baca: Sambut Festival Teluk Tomini, Pemda Parigi Moutong Akan Gelar Kegiatan

Belajar dari pengalaman ini, Pemerintah Kota Palu memperkuat infrastruktur kebencanaan untuk mengantisipasi situasi yang mendesak.

“Lokasi pembangunan gudang berada di Desa Mamboro di Kecamatan Palu Timur dan saat ini sedang memasuki tahap pematangan lahan,” kata Bambang.

Selain melakukan kajian kebencanaan, BPBD juga mengkaji fungsi penggunaannya, baik hanya untuk penyimpanan logistik makanan maupun untuk peralatan logistik dan barang habis pakai agar dapat digunakan secara lebih efektif.

Lebih lanjut ia menjelaskan, BPBD melibatkan beberapa pihak dalam melakukan kajian kebencanaan di lokasi pembangunan gudang, antara lain Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dinas Penataan dan Perumahan (DPRP) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang masing-masing memiliki pandangan teknis sendiri.

“Kita tidak sendiri, pelibatan instansi teknis itu penting karena semua punya penilaian dan masukan dengan harapan lokasi gedung benar dan aman dari berbagai kemungkinan bencana,” ucap Bambang.

Dikatakannya, kegiatan pembangunan akan dilakukan oleh Dinas PU selaku instansi yang berkompeten di bidangnya. Perencanaan pembangunan gudang logistik oleh Pemerintah Kota Palu ditempatkan pada empat titik untuk memudahkan menjangkau seluruh wilayah di daerah itu.

Bambang mengatakan, kegiatan pembangunannya bertahap, gudang yang dibangun di Mamboro ini dimaksudkan untuk melayani warga di Kecamatan Palu Utara dan Tawaeli, meski begitu kita tidak menginginkan bencana. (*/Ikh)

Baca: Ratusan Sapi di Makassar Dinyatakan Tidak Layak Qurban

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.