Banner Dinkes 2021 (1365X260)

Anjuran Qurban Muhammadiyah: Sembelih Hewan di Rumah

Anjuran Qurban Muhammadiyah: Sembelih Hewan di Rumah
Foto: anjuran qurban muhammadiyah.

Berita nasional, gemasulawesi– Anjuran qurban Muhammadiyah pada Idul Adha 1442H/2021, agar hewan kurban berupa kambing atau domba dapat disembelih di rumah. Dilakukan tenaga profesional atau orang berkurban bila mampu.

Hal itu, tertuang dalam edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Nomor 05/EDR/I.0/E/2021 tentang Imbauan Perhatian, Kewaspadaan, dan Penanganan Covid-19.

“Hewan kurban berupa kambing atau domba sebaiknya disembelih di rumah masing-masing oleh tenaga profesional dan apabila mampu dapat disembelih sendiri oleh orang yang berkurban,” bunyi surat edaran itu.

Anjuran qurban Muhammadiyah tidak hanya itu, Muhammadiyah juga memberikan alternatif lain dengan penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Tujuannya, agar lebih sesuai syariat dan higienis.

Meskipun demikian, Anjuran qurban Muhammadiyah membolehkan hewan disembelih di luar RPH.

Baca juga: Wali Kota Palu Serahkan Hewan Qurban ke Sejumlah Titik

Namun, Jumlah hewan hendaknya dibatasi untuk menghindari kemubaziran dan wajib menghindari kerumunan massa.

Anjuran qurban Muhammadiyah itu bertujuan sebagai langkah pemenuhan protokol kesehatan, sehingga dapat menjamin keamanan dan keselamatan bersama.

Baca juga:Puluhan Sekolah di Parigi Moutong Lambat Lapor BOS Tahap Satu

“Pembagian daging kurban diantar oleh panitia ke rumah masing-masing penerima dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” bunyi edaran tersebut.

Selain itu, Muhammadiyah juga mengimbau agar kurban sebaiknya dikonversi berupa dana. Dana itu kemudian bisa disalurkan melalui LazisMu untuk didistribusikan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan.

Baca juga: Gubernur Siapkan Jalur Perdagangan Sulawesi Tengah-Kalimantan

“Baik di daerah tertinggal, terpencil, dan terluar atau diolah menjadi kornet,” bunyi edaran tersebut.

Panduan dan anjuran qurban Muhammadiyah ditandatangani Ketum Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Agung Danarto ditunjukkan bagi seluruh pimpinan persyarikatan dan warga Muhammadiyah pada khususnya.

Baca juga: Gubernur Minta BRI Siapkan KUR untuk Sulawesi Tengah Rp5 Triliun

Muhammadiyah sendiri telah menetapkan 10 Zulhijah 1442 Hijriah atau perayaan Hari Raya Iduladha 1442 H jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021 mendatang.

Keputusan itu tertuang dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2021 Tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, Dan Zulhijah 1442 Hijriah. (***)

Baca juga: Gubernur Minta Tambahan DBH Sulawesi Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post