Banner Dinkes 2021 (1365X260)

Angka Covid19 Tinggi, PPKM Level Empat Diperpanjang 9 Agustus 2021

Angka Covid19 Tinggi, PPKM Level Empat Diperpanjang 9 Agustus 2021
Foto; Illustrasi PPKM darurat level empat.

Gemasulawesi– PPKM level empat diperpanjang di 21 daerah. Kebijakan itu diambil menyusul angka penularan covid19 masih tinggi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan PPKM Level empat diperpanjang di 21 provinsi dengan 25 kabupaten/kota di luar Pulau Jawa-Bali.

Kebijakan perpanjangan PPKM Level empat itu dilakukan usai masih tingginya angka penularan covid19 varian Delta. Akan diperpanjang hingga tanggal 9 Agustus 2021.

Baca juga: PPKM Level Empat Palu: Titik Perbatasan Akan Disekat

“Kami mengkonsentrasikan pada kabupaten yang naik di luar Jawa-Bali,” ungkap Airlangga dalam konferensi pers, Senin 2 Agustus 2021.

Airlangga menjelaskan, ada lima provinsi dengan kenaikan kasus covid19 tertinggi, yakni Sulawesi Tengah, Riau, Sumatera Utara, Gorontalo, dan Kalimantan Barat.

Kota lain dengan kasus lonjakan covid19 varian Delta adalah Medan, Sumatera Utara, Makassar, Banjarmasin, kota Pekanbaru Kota Banjarbaru, kota Tarakan dan Jayapura.

Di tingkat kabupaten adalah Sika, Berau, dan Belitung.

“Ini adalah daerah-daerah yang kenaikan tinggi dan pemerintah memberikan prioritas kepada daerah-daerah itu,” ucap dia.

Sedangkan, beberapa provinsi yang sudah mengalami penurunan kasus, yaitu NTT kecuali Kabupaten Sikka, Lampung, NTB, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Kepri, dan Kalteng.

Adapun berdasarkan pemantauan data Satgas covid19, ada beberapa daerah menerapkan penggunaan masker sudah cukup baik dan ada beberapa daerah belum menerapkan secara baik.

“Yang rendah yakni Padang, Sorong, Musirawas, Jayapura sedangkan yang tertinggi adalah Mimika, Bontang, kemudian di Pekanbaru, Lubuk Linggau dan Bulungan,” pungkas Airlangga.

Baca juga: Senin, PPKM Level Empat Mulai Berlaku di Kota Palu dan Morowali

Kasus harian covid19 masih tinggi

Sementara itu, kasus baru harian masih di atas 30.000. Sementara tingkat kematian juga masih tinggi. Kasus covid19 Indonesia masih mencatatkan kasus kematian tinggi. Dalam sehari, pada 1 Agustus 2021 ada 1.604 kasus kematian.

Angka itu membuat total pasien covid19 meninggal tembus 95.723 orang. Tingkat kematian baru terjadi di Indonesia menjadi tertinggi di seluruh dunia.

Data dari Worldometers diakses pukul 07.00 WIB, tercatat dari kasus kematian baru, Indonesia menjadi yang pertama dengan penambahan 1.604 kasus.

Sementara nomor keduanya diikuti Rusia yang mencatatkan 789 kematian dari kasus covid19. Sementara ketiga yakni Meksiko dengan 450 kasus. (**)

Baca juga: Kota Palu Terbanyak Pasien Sembuh Covid 19 di Sulteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post