Angin Puting Beliung Landa Kota Palu Timur

0
1040
Angin Puting Beliung Landa Kota Palu Timur
Illustrasi anging puting beliung.



Palu, gemasulawesi.com Angin puting beliung melanda sebagian wilayah Kota Palu Timur, Sulawesi Tengah. Akibatnya atap rumah warga ambruk dan beberapa toko baju mengalami kerusakan.

Angin puting beliung terjadi di kawasan Tondo, Kecamatan Mantikulore Kota Palu Timur. Letak persisnya di samping Rumah Sakit Undata baru. Kejadian itu sempat membuat kemacetan.

“Angin puting beliung terjadi sekitar pukul 10:50 WITA. Angin tiba-tiba muncul dari arah barat ke timur,” tutur seorang warga, Sahani, di lokasi kejadian, Selasa 22 Januari 2020.

Ia menceritakan, dalam berapa hari cuaca Kota Palu Timur memang kurang mendukung. Angin masih terus berputar hingga ker Alfamidi. Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa.

Sebelumnya, BMKG memperkirakan hujan dengan intensitas lebat disertai kilat akan melanda wilayah Sulawesi Tengah, selama sepekan pada 17-23 Januari 2020.

“Sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata saat ini masih teridentifikasi aktif dan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia bagian barat,” bunyi rilis BMKG beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, tingkat labilitas udara yang signifikan juga cukup berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

BMKG juga secara rinci memetakan wilayah yang akan terkena cuaca dengan intensitas hujan lebat. Berikut prakiraan BMKG dalam periode sepekan kedepan, curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat berpotensi terjadi wilayah sebagai berikut:

Periode 17-19 Januari 2020 diantaranya Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Sedangkan untuk periode 20-23 Januari 2020 yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Baca juga: Berikut Jadwal Pelaksanaan Ujian CAT CPNS Parigi Moutong

Laporan: Asnawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here