Anggaran TNI AL-AU Puluhan Triliun, Prabowo: Apakah Tidak Layak?

Anggaran TNI AL-AU Puluhan Triliun, Prabowo: Apakah Tidak Layak?
Foto: Menhan Prabowo Subianto.
Jangan Lupa Share

Berita nasional, gemasulawesi– Perkuat kemampuan menjaga laut Indonesia, Menteri pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan gelontorkan anggaran TNI AL-AU Rp28,9 Triliun.

“Ribuan kapal asing masuk ke laut Indonesia. Mereka mencuri ikan dan berbagai tangkapan lainnya,” ungkap Menhan Prabowo Subianto, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, Indonesia miliki kekayaan laut. Nilai jual sektor perikanan Indonesia mencapai US$30 miliar atau Rp434,8 triliun per tahun.

Apakah tak pantas untuk menjaga kekayaan yang mencapai ratusan triliun rupiah dengan mengeluarkan puluhan triliun anggaran TNI AL-AU. Tanya Prabowo kemudian.

Baca juga: DPR Minta Pemerintah Permudah Impor Bahan Obat

“Apakah tidak pantas kita keluarkan untuk jaga 30 miliar dolar per tahun? Kita mengeluarkan satu miliar dolar per tahun untuk angkatan laut kuat, satu miliar per tahun untuk angkatan udara kuat. Karena untuk menjaga laut kita harus menjaga dari udara juga,” sebut Prabowo.

Baca juga: Polisi Tangkap Pelaku Pencabulan Anak di Manado

Anggaran TNI AL-AU Puluhan Triliun, Prabowo: Apakah Tidak Layak?
Foto: Illustrasi Alutsista TNI.

Ribuan kapal asing jarah laut Indonesia

Ia lanjut bertanya, anggaran TNI AL-AU 2 miliar dollar, Apakah rela 30 miliar dolar ini diambil negara-negara asing? Itu dilakukan tiap hari. Ribuan kapal asing datang ke laut kita mengambil ikan dari laut Indonesia.

Baca juga: Asupan Gizi Seimbang Jaga Imunitas Tubuh Saat PPKM Darurat

Anggaran TNI AL-AU senilai 2 miliar dolar per tahun untuk menjaga 30 miliar dolar, ini artinya negara akan untung 28 miliar dolar per tahun. 28 miliar dolar 1 tahun dengan kurs saat ini bisa dihitung berapa ratus triliun.

“Penjelasan dari Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono, Indonesia ini sangat kaya,” sebutnya.

Baca juga: Parigi Moutong Batalkan Tatap Muka di Sekolah

Ia pun menyebut keuntungan dari sektor perikanan ini nantinya bisa disalurkan untuk membantu rakyat di sektor lain, misal untuk keperluan pertanian warga.

Baca juga: Kemendagri Usulkan Perbaikan Sistem Registrasi Kartu Prabayar

“Jadi, dengan investasi 2 miliar dolar kita akan punya 28 miliar dolar cash. Di mana salahnya kita keluarkan 2 miliar dolar tiap tahun,” tutupnya. (**)

Baca juga: Dinkes Belum Jadwalkan Vaksinasi Anak Parigi Moutong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post