Anak Kecanduan Gadget Rentan Terkena Masalah Kejiwaan

Anak Kecanduan Gadget Rentan Terkena Masalah Kejiwaan
Illustrasi Waspada anak kecanduan gadget

Parimo, gemasulawesi.com– Saat ini kecanduan penggunaan gadget tidak hanya sekedar dialami anak remaja hingga dewasa, tetapi sudah mulai dialami anak-anak. Bahkan, anak-anak usai lima tahun sudah mengalami masalah kejiwaan akibat kecanduan gadget.

Direktur RSJ Jabar, Elly Marliyani mengatakan masalah kecanduan gadget pada anak-anak membuat usia rentan masalah kejiwaan meluas. Biasanya, usia rentan minimal 15 tahun. Namun, saat ini sudah menjadi lima tahun.

Read More

“Ternyata dengan adanya gadget, usia 5 dan 8 tahun juga mengalami masalah kejiwaan (ODMK) akibat kecanduan gadget. Dulu paling muda 15 tahun. Kita sedang menangani kasus itu,” ungkap Elly dikutip dari detiknews, Kamis, 10 Oktober 2019.

Ia menuturkan, masalah ini terjadi karena orang tua memberikan akses lebih kepada anak-anak. Sehingga menimbulkan gejala ketergantungan hingga menyebabkan anak-anak emosional.

“Akibatnya tempramental dia tidak bisa mengendalikan emosinya. Ada kasus itu saat mati lampu, anaknya itu minta dicas HP-nya, malah mengamuk hancurkan pintu, hal tidak diduga,” ungkap dia.

Ia menuturkan peran keluarga sangat penting dalam pencegahan kecanduan gawai pada anak-anak. Mereka harus dialihkan perhatiannya dengan permainan tradisional dan sosialisasi bersama usia sebayanya.

“Diawali pencegahan di awal jadi gadget itu kembalikan fungsinya apakah anak-anak itu sudah harus pakai gadget. Sesuai usia harus diaktifkan bermain dengan teman, mainan tradisional,” tutur dia

Ia mengaku belum memiliki data akurat mengenai penderita masalah kejiwaan akibat kecanduan gawai. Meski begitu, dipastikan satu dari sepuluh warga Jabar mengalami masalah kejiwaan yang di antaranya depresi hingga kecanduan gadget.

“Depresi itu ODMK, satu dari sepuluh orang ODMK depresi. Gadget masuk dalam ODMK itu, untuk persisnya saya belum dapat itu (datanya),” ujar Elly.

Sumber: detik

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.