Amerika Serikat Hingga Jepang Donasi Vaksin Covid-19 ke Indonesia

Amerika Serikat Hingga Jepang Donasi Vaksin Covid-19 ke Indonesia
Foto: Illustrasi Vaksin Covid 19.
Jangan Lupa Share

Berita nasional, gemasulawesi– Kemenlu menyebut beberapa negara akan donasi vaksin covid-19 ke Indonesia. Mulai Amerika Serikat, Belanda hingga Jepang.

“Amerika akan kirim vaksin moderna untuk Indonesia,” ungkap Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informasi, Dedy Permadi dalam konferensi pers harian PPKM Darurat yang dilakukan secara daring, Jumat 9 Juli 2021.

Ia melanjutkan, dalam dua hari kedepan sebanyak 3 juta dosis donasi vaksin covid-19  akan dikirimkan dari Amerika Serikat.

Moderna donasi vaksin covid-19 dari Amerika Serikat akan digunakan untuk vaksinasi dosis ketiga. Atau booster untuk tenaga kesehatan mulai pekan depan.

Vaksin moderna itu dikonfirmasi Penasihat Keamanan Nasional Amerika Jake Sullivan. Katanya, vaksin itu ke Indonesia dalam waktu dekat.

Perihal donasi vaksin covid-19 itu. Ia sampaikan dalam percakapannya dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi pada Jumat, 2 Juli 2021.

Pernyataan pers Pemerintah Amerika, dikutip dari Reuters, Minggu 4 Juli 2021. Sullivan menegaskan pentingnya posisi administrasi Joe Biden – Kamala Harris. Di Indonesia, Asia Tenggara, dalam menghadapi pandemi covid-19.

Baca juga: Kemendagri Usulkan Perbaikan Sistem Registrasi Kartu Prabayar

Amerika Serikat Hingga Jepang Donasi Vaksin Covid-19 ke Indonesia
Foto: Menlu Retno Marsudi.

Belanda dan Jepang Juga Kirim Vaksin

Belanda, negara lainnya akan kirim vaksin ke Indonesia. Mereka akan mengirimkan tiga juta dosis vaksin. Plus obat-obatan terapi. Keterangan Menlu Retno Marsudi.

Selanjutnya, Jepang juga menyumbangkan vaksin. Pengapalan pertama sudah sampai di Indonesia. Retno mengatakan bakal ada pengiriman kedua ke depannya. 

Baca juga: Hindari Pemalsuan Dokumen, Kemenag Terbitkan Kartu Nikah Digital

“Pengiriman kedua dari Jepang akan menyusul kemudian. Dalam waktu yang tidak terlalu lama,” sebut Retno Marsudi.

Perkembangan terakhir, Inggris pun ingin mengirimkan donasi vaksin ke Indonesia. Walau begitu, besaran dan waktu pengiriman belum diketahui.

Baca juga: Asupan Gizi Seimbang Jaga Imunitas Tubuh Saat PPKM Darurat

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan. Dengan adanya donasi vaksin covid-19 dari negara lain. Target vaksinasi covid-19 untuk 181,5 juta penduduk bisa tercapai.

“Sampai akhir tahun ini. Setidaknya ada sebanyak 441 juta dosis vaksin akan tiba,” tutup Budi Gunadi Sadikin. (**)

Baca juga: Parigi Moutong Batalkan Tatap Muka di Sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post