Home PARIGI MOUTONG Amburadul, Data Kemiskinan Parigi Moutong Butuh Perbaikan

Amburadul, Data Kemiskinan Parigi Moutong Butuh Perbaikan

Amburadul, Data Kemiskinan Parigi Moutong Parimo Sulawesi Tengah Sulteng Butuh Perbaikan
Perwakilan Dinsos Parimo, Ayub. Saat Rapat dengan DPRD Parimo, Rabu 17 Juni 2020

Berita parigi moutong, gemasulawesiAmburadulnya pembagian bantuan sosial membuat banyak permasalahan. Sehingga, perbaikan data kemiskinan di Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah (Sulteng) butuh kerja lintas sektor.

“Banyak tumpang tindih data kemiskinan, pada saat berbagai program bantuan sosial itu turun,” ungkap Kepala Seksi Data Dinas Sosial Ayub, saat rapat dengan DPRD Parigi Moutong, Rabu 17 Juni 2020.

Sementara pada setiap periode itu, pusat akan menetapkan data yang sudah lama. Kalau seandainya data dari kabupaten atau kota tidak diperbarui.

Jadi kata dia, walaupun SK dari Kementerian Sosial terkait DTKS adalah keluaran terbaru, namun isinya masih memuat data yang sudah lama.

“Jadi, masalah itulah yang mesti dipahami terlebih dahulu,” singkatnya.

Ia melanjutkan, untuk memperbarui data itu haruslah lintas sektor. Termasuk, yang paling inti didalamnya adalah data Disdukcapil.

Alasannya, program bantuan sosial dari pemerintah daerah ataupun pusat itu berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK), by name dan by addres.

“Terkait wacana penonaktifan beberapa program nasional yang sedang berjalan di kabupaten dan kota saat ini. Alur perbaikan data kemiskinanya sudah ada, melalui aplikasi SIKS-NG. Yang ditetapkan sekali dalam tiga bulan,” jelasnya.

Karena pada saat pemutakhiran data SIKS-NG sedang berjalan dan muncul wabah virus corona. Sehingga, kementerian dan lembaga pusat mengucurkan bantuannya dengan menggunakan data DTKS.

Kemudian, kementerian dan lembaga pusat tidak perduli dengan kevalidan data DTKS. Begitu diluncurkan bantuannya kepada warga, kemudian memunculkan berbagai riak ditengah warga.

“Sesuai dengan peraturan yang ada, verifikasi data kemiskinan itu adanya di kementerian sosial,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Parigi Moutong, Ferry mengatakan setelah agenda rapat dengar pendapat ini. Barulah akan dicari solusi secara bersama terkait data kemiskinan di Parigi Moutong.

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.