Aliansi Rakyat Bersatu Gelar Aksi Solidaritas Untuk Erfaldi

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Aksi Solidaritas Aliansi Rakyat Bersatu di Kota palu, Minggu 13 Februari 2022. (Foto/Istimewa)

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi.com- Aksi solidaritas atas tewasnya Erfaldi alias Aldi salah seorang warga desa tada dalam aksi tolak tambang di Kabupaten Parigi moutong di gelar di bundaran Nol KM, jalan Hasanuddin, Kota Palu, Minggu, 13 Februari 2022.

Aksi solidaritas terhadap Erfaldi dengan menggelar aksi mimbar bebas itu dilakukan oleh Aliansi Rakyat Bersatu, yang berasal dari berbagai elemen organisasi peduli HAM.

Aksi itu sendiri di pimpin oleh Dandy Putra Perdana sebagai korlap diikuti oleh puluhan orang perwakilan dari sejumlah organisasi peduli HAM.

Baca: Satu Aktivis Peserta Demo di Parigi Moutong Diduga Tewas Tertembak

Aliansi rakyat bersatu menuntut pihak kepolisian untuk mengusut tuntas pelaku penembak Erfaldi di Tada dalam aksi demo penolakan keberadaan tambang yang di kelola PT Trio Kencana Sabtu, 12 Februari 2022.

Massa aksi juga menuntut tanggung jawab dari Gubernur Sulawesi tengah, H Rusdy Mastura. Gubernur Rusdy Mastura dinilai bertanggung jawab atas ketidak hadiran negara dalam aksi penolakan PT Trio Kencana di Parigi Moutong.

Selain itu Kementerian ESDM juga didesak untuk menghentikan dan mencabut IUP PT Trio Kencana.

Baca: Demo Tolak Tambang Blokade Jalan Poros Trans Sulawesi Parigi Moutong

Aliansi rakyat bersatu juga meminta Komnas-HAM dan aktivis perempuan untuk turun melakukan investigasi mendalam terkait dugaan keterlibatan kepolisian dalam dugaan tindak pidana yang menewaskan Erfaldi warga desa Tada.

Selain itu massa aksi juga meminta Kapolri untuk memecat seluruh aparat kepolisian dan memproses secara hukum anggota yang diduga terlibat dalam penembakan Erfaldi.

Aliansi rakyat bersatu menilai, Kapolres Parigi Moutong gagal dalam mencegah terjadinya korban jiwa dalam aksi demo penolakan tambang tersebut.

Aksi tersebut digelar sejak pukul 16.15 wita hingga 17.50 wita, aksi orasi berlangsung aman hingga massa membubarkan diri. (fan)

Baca: Ribuan Massa Kembali Menggelar Aksi Demo Tolak Tambang di Kasimbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.