Parimo Miliki Alat Deteksi Tsunami Generasi Terbaru

waktu baca 2 menit
Alat Deteksi Tsunami Milik Pemda Parimo Sulteng.

Berita parigi moutong, gemasulawesiKabupaten Parigi Moutong Parimo Sulawesi Tengah (Sulteng) kini miliki alat deteksi tsunami.

Badan Metreologi, Kritomologi dan Geofisika (BMKG) memberikan alat deteksi tsunami, kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parigi Moutong 30 Juni 2020.

“Alhamdulillah, Parimo telah resmi mendapatkan sebuah alat deteksi tsunami dari BMKG. Yaitu alat Sistim Penerima Pesan Warning Receiver Sistim Generasi ke 2 (WRS/2G),” ungkap Kepala BPBD Parigi Moutong Abd Azis Tombolotutu, di Kantor BPBD Parimo, Rabu 1 Juli 2020.

Menurutnya, WRS generasi kedua juga disebut client merupakan alat komunikasi yang digunakan BMKG Pusat. Alat itu untuk menyebarkan peringatan Tsunami kepada lembaga perantara dengan Pusdalops Daerah Provinsi dan Kabupaten Kota.

Baca Juga:

Alat WRS atau Client itu kata dia, dipasang di ruang Pusdalops BPBD Kabupaten Parigi Moutong guna menjalankan dua fungsi utama Pusdalops.

Dua fungsi Pusdalops itu adalah menerima  pesan peringatan Tsunami dan penyebarluasan peringatan dan arahan kepada masyarakat beresiko.

“Alat pendeteksi tsunami ini sangat membantu warga Parigi Moutong. Sehingga, kita tidak khawatir lagi, begitu ada gempa alat ini akan berfungsi karena terkoneksi langsung dengan BMKG,” urainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.