Sebut Ada Intimidasi Terhadap Tim KPK, Alasan Harun Tidak Ditangkap

waktu baca 2 menit

Hukum, gemasulawesi – Sebut ada intimidasi terhadap tim KPK saat mengusut kasus Harun Masiku Mantan Caleg PDIP, Mantan Penyidik KPK Novel Baswedan ungkapkan alasan Harun Masiku tidak ditangkap saat masih bekerja di KPK.

Hal itu disampaikan Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan pada hari Selasa 24 Mei 2022, saat menjawab pertanyaan alasan mengapa tidak ditangkap Mantan Caleg PDIP Harun Masiku saat masih bekerja di Komisi Anti Korupsi (KPK).

Mantan caleg PDIP Harun Masiku menjadi tersangka kasus dugaan korupsi penggantian sementara (PAW) anggota DPR periode 2019-2024.

“Saat tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan OTT terhadap kasus itu, tim KPK diintimidasi oleh oknum tertentu, dan Firli Bahuri dkk hanya diam saja,” jelas Novel Baswedan disalah satu media, Selasa 24 Mei 2022.

Baca: 24 Orang Tim Pusat Perancangan UU DPR RI Berkunjung ke Parigi Moutong

Novel Baswedan mengatakan, intimidasi yang dialami tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat mengungkap kasus korupsi sudah banyak diketahui masyarakat.

Bahkan, tim yang melakukan penangkapan itu juga dilarang melakukan penyelidikan.

“Mungkin dianggap tidak bisa di kendalikan,” ucap mantan penyidik KPK Novel Baswedan.

Selain itu, lanjut Novel Baswedan, tim KPK yang berhasil menyelesaikan OTT justru dikenakan sanksi.

Ia mencontohkan, ada seorang polisi yang dipulangkan ke tempat usahanya, namun ditolak polisi karena masa jabatannya di KPK belum habis.

Kemudian, satu orang dari kejaksaan dipecat dan beberapa pegawai Direktorat Pengaduan Masyarakat (Dumas) juga dipindahkan oleh Firli.

Namun, jika keterlibatan elite itu ada kaitannya dengan belum ditangkapnya Harun Masiku mantan Caleg PDIP, kata Novel, hanya Firli yang tahu.

“Kasus Harun Masiku Mantan Caleg PDIP diduga melibatkan pejabat partai tertentu. Saya yakin pencarian Harun Masiku tidak akan berlanjut kecuali sekadarnya saja,” ucap Novel Baswedan.

Mantan penyidik KPK Novel Baswedan itu mengatakan kalau ada kaitannya hanya Firli Dkk saja yang tahu. (*)

Baca: Pengedar Sabu Asal Loji Berhasil Diamankan Kepolisian Parigi Moutong

Kunjungi Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.